Show simple item record

dc.contributor.authorWICAKSONO, R. Dhimas Bagus Surya
dc.date.accessioned2022-10-10T12:45:08Z
dc.date.available2022-10-10T12:45:08Z
dc.date.issued2022-07-05
dc.identifier.nim180710101246en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109999
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 10 Oktober 2022en_US
dc.description.abstractProses kepemilikan atas suatu barang dapat dilakukan dengan berbagai macam caranya, baik didapatkan dengan cara pemberian dengan sistem hibah atau dengan proses melalui jual beli barang yang diinginkan. Jual beli melibatkan pelaku usaha sebagai pemilik hak produksi atau bisa juga penjual dengan konsumen atau pembeli. Hak-hak konsumen yang rawan dirugikan dalam hal transaksi jual beli yang dilakukan oleh pelaku usaha, dimana dalam pengetahuan tentang barang yang dijual lebih condong pelaku usaha mengetahui dengan detail sehingga kesempatan memperoleh untung besar dan dengan kata lain hak-hak dari konsumen memang menjadi ranah yang rawan dilanggar. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini terdiri dari 3 (tiga) hal yaitu Pertama, apa bentuk perlindungan hukum konsumen terhadap produk otomotif yang cacat tersembunyi berdasarkan KUHPerdata? Kedua, apa tanggung jawab produsen atas produk otomotif yang mengalami cacat tersembunyi? Ketiga, apa upaya penyelesaian hukum secara litigasi dan non litigasi yang dapat diambil konsumen terkait produk otomotif yang cacat tersembunyi? Tujuan penelitian dari skripsi ada 2 (dua) meliputi tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan khusus penelitian ini adalah Pertama, untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum konsumen atas produk otomotif yang dikeluarkan oleh DFSK yang cacat tersembunyi. Kedua, untuk memahami tanggung jawab produsen terhadap konsumen atas kerugian dalam hal produk yang dibelinya. Ketiga, untuk mengetahui upaya penyelesaian dari pihak DFSK kepada para konsumen yang dirugikan. Metode yuridis normatif (Legal Research) dipilih menjadi tipe penelitian dalam penulisan skripsi ini dengan pendekatan masalah berupa pendekatan perundang-undangan (statute Approach) serta pendekatan konseptual (conceptual Approach). Bahan hukum yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan non hukum. Metode deduktif terpilih sebagai metode analisa bahan hukum dalam penulisan. Tinjauan Pustaka dalam skripsi yang meliputi uraian sistematik tentang asas, teori, konsep dan pengertian-pengertian yang relevan dengan penulisan skripsi ini. Bab ini berisi tentang Pengertian perlindungan hukum, bentuk-bentuk perlindungan hukum, tujuan perlindungan hukum, pengertian perlindungan konsumen, asas-asas perlindungan konsumen, pengertian konsumen, hak dan kewajiban konsumen, pengertian pelaku usaha, hak dan kewajiban pelaku usaha, larangan pelaku usaha, pengertian cacat tersembunyi, kriteria cacat tersembunyi, pengertian produk otomotif, dan jenis-jenis produk otomotif. Hasil yang diperoleh dari pembahasan skripsi ini meliputi Pertama, bentuk dari perlindungan hukum kepada konsumen yang menerima produk otomotif yang terindikasi cacat tersembunyi sesuai dengan ketentuan yang ada dalam KUHPerdata dan dengan dua bentuk yaitu secara Internal dan Eksternal. Kedua, pelaku usaha memiliki tanggung jawab dalam ganti kerugian yang diterima konsumen produk yang terindikasi cacat tersembunyi baik sesuai ketentuan KUHPerdata. Ketiga, bentuk penyelesaian sengketa produk yang terindikasi cacat tersembunyi dapat ditempuh melalui jalur dalam pengadilan dan luar pengadilan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini Pertama, Perlindungan hukum terhadap konsumen produk otomotif yang mengalami cacat tersembunyi dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara yaitu perlindungan hukum secara internal dan perlindungan hukum secara eksternal. Kedua, bentuk tanggung jawab pelaku usaha pada konsumen yang mendapat produk mobil yang cacat tersembunyi adalah ganti rugi pembelian serta ganti rugi atas kerugian yang tidak terlihat seperti kenyamanan, keselamatan, serta keamanan dalam pemakaian produk dengan bentuk kompensasi berdasarkan Pasal 1509 KUHPerdata. Ketiga, pilihan upaya penyelesaian sengketa yang dapat diambil konsumen pada kerugian akibat menerima produk cacat tersembunyi yaitu dengan cara kekeluargaan atau non litigasi berupa mediasi, konsiliasi dan arbitrase dengan membina hubungan antara kedua pihak, namun jika tidak ada upaya tanggapan dari pelaku usaha maka dapat ditempuh jalur gugatan atau litigasi. Saran yang diberikan Pertama, Untuk pemerintah sebagai pembuat perundang-undangan untuk memasukan permasalahan terkait produk cacat tersembunyi pada undang-undang karena dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen masih belum tercantum secara spesifik perihal produk cacat tersembunyi yang diterima atau dibeli konsumen. Kedua, Kepada pelaku usaha atau pemilik hak produksi Mobil DFSK Glory 580 CVT Turbo baiknya sebelum mengedarkan produk otomotif ke masyarakat melakukan uji tes kelayakan lebih spesifik kepada produk. Uji kelayakan yang lebih spesifik guna menjaga mutu dan kualitas produk layak jalan serta demi keselamatan dan keamanan konsumen dalam penggunaan mobil atau produk di jalan raya. Ketiga, Untuk pelaku usaha pemegang hak merek atau produksi bisa dipertimbangkan mengurangi produksi mobil atau produk type tersebut dan menghentikan pemasaran untuk sementara guna menghindari adanya konsumen korban dari pemakaian produk yang tidak maksimal. Keempat, Untuk konsumen yang telah menerima produk dan mengalami kendala ditengah pemakaian hendaknya langsung dibawa ke teknisi resmi dan melakukan pelaporan kepada pelaku usaha atau pemegang hak produksi. Apabila belum ada respon pasti terkait kendala kurang maksimal produk maka dapat diselesaikan secara non litigasi berupa mediasi, konsiliasi dan arbitrase dengan bertemu secara kekeluargaan daripada membawa gugatan ke jalur litigasi yang memakan biaya dan waktu yang lamaen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama Edi Wahjuni, S.H.,M.Hum. Dosen Pembimbing Anggota, Dr. Firman Floranta Adonara, S.H.,M.H.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Hukumen_US
dc.subjectPERLINDUNGAN HUKUMen_US
dc.subjectKONSUMENen_US
dc.subjectPRODUK OTOMOTIFen_US
dc.titlePerlindungan Hukum terhadap Konsumen Produk Otomotif yang Cacat Tersembunyien_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiHukum Perdataen_US
dc.identifier.pembimbing1Edi Wahjuni, S.H.,M.Humen_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Firman Floranta Adonara,S.H.,M.H.en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record