dc.description.abstract | Air merupakan kebutuhan yang penting bagi kehidupan manusia karena
salah satu untuk menciptakan hidup sehat yaitu dengan cara mengkonsumsi air
bersih. Selain itu untuk mendapatkan air bersih, aman dan sehat khususnya disaat
aktivitas yang padat yaitu dengan mengkonsumsi air minum dalam kemasan
(AMDK). Sehingga hal ini direspon baik oleh para pengusaha air minum dalam
kemasan yang semakin berkembang pesat.
Semakin banyaknya para pengusaha air minum dalam kemasan maka
akan semakin tinggi juga jumlah pesaingnya, sehingga perusahaan harus
menciptakan dan mengembangkan strategi pemasarannya guna dapat menarik
konsumen dan mempertahankan konsumen. Perusahaan ditengah ketatnya
persaingan juga dituntut untuk selalu memberikan hal yang unik sehingga dapat
menjadi pembeda dari pesaing lainnya agar nantinya dapat menarik dan
mempertahankan konsumen dalam mempengaruhi suatu keputusan pembelian.
Terdapat berbagai faktor yang dapat menjadi suatu pertimbangan dalam
melakukan keputusan pembelian oleh para konsumen di bidang minuman
diantaranya yaitu faktor label halal, harga dan word of mouth.
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh label
halal, harga dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada suatu produk.
Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research. Populasi yang
digunakan yaitu mahasiswa Universitas Jember yang jumlahnya sekitar 36.976
mahasiswa menurut pddikti.kemendikbud.go.id,2021, dan yang terpilih sebanyak
100 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan
Purposive sampling dan analisis yang digunakan memakai metode analisis regresi
linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t pada variabel indepenen
secara parsial berpengaruh positif. Label halal berpengaruh secara signifikan
terhadap suatu keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,049
(0,049 < 0,05) dan nilai dari thitung 1,994 > 1,984. Harga berpengaruh secara
signifikan terhadap suatu keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 (0,000 < 0,05) dan nilai dari thitung 4,079 > 1,984. Word of Mouth
berpengaruh secara signifikan terhadap suatu keputusan pembelian dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) dan nilai dari thitung 6,185 > 1,984.
Sedangkan hasil uji F menunjukkan bahwa label halal, harga dan word of mouth
berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. | en_US |