dc.description.abstract | Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian
sudah ditetapkan di kelas X.4 SMA N 1 Tanggul tahun ajaran 2010/2011 yang
dimulai tanggal 14 mei 2011 sampai dengan 28 mei 2011. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Hasil observasi setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran dengan
metode RST pada siklus 1 (67,73%) mengalami peningkatan sebesar 43,75%
dibandingkan dengan sebelum diadakan tindakan pada observasi awal (23,98%).
Peningkatan pada siklus 1 berada pada kategori aktif. Pada siklus 2 aktifitas
belajar siswa telah mengalami peningkatan sebesar 2,27% yang ditunjukkan
dengan besarnya prosentase 70% dan tetap berada dalam kategori aktif.
Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa aktifitas belajar siswa pada
siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami
peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan.
Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya tindakan adalah
sebesar 43,98%, pada pembelajaran dengan metode RST pada siklus 1 sebesar
70,73% dan pada siklus 2 sebesar 78,05%. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2
secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan.
Kesimpulan penelitian ini adalah; 1) Metode RST dapat meningkatkan
aktifitas belajar fisika siswa dari siklus 1 (67,74%) ke siklus 2 (70%)
dikategorikan aktif, dibandingkan dengan observasi awal (23,98%) . 2)
Peningkatan Ketuntasan hasil belajar fisika siswa dengan metode RST meningkat, | en_US |