• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN METODE RECOLLECTION SMART TEACHING (RST) DI KELAS X.4 SMA NEGERI 1 TANGGUL

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (368.5Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Badrus Shaleh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas X.4 SMA N 1 Tanggul tahun ajaran 2010/2011 yang dimulai tanggal 14 mei 2011 sampai dengan 28 mei 2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil observasi setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran dengan metode RST pada siklus 1 (67,73%) mengalami peningkatan sebesar 43,75% dibandingkan dengan sebelum diadakan tindakan pada observasi awal (23,98%). Peningkatan pada siklus 1 berada pada kategori aktif. Pada siklus 2 aktifitas belajar siswa telah mengalami peningkatan sebesar 2,27% yang ditunjukkan dengan besarnya prosentase 70% dan tetap berada dalam kategori aktif. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa aktifitas belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya tindakan. Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya tindakan adalah sebesar 43,98%, pada pembelajaran dengan metode RST pada siklus 1 sebesar 70,73% dan pada siklus 2 sebesar 78,05%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 dan siklus 2 secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini adalah; 1) Metode RST dapat meningkatkan aktifitas belajar fisika siswa dari siklus 1 (67,74%) ke siklus 2 (70%) dikategorikan aktif, dibandingkan dengan observasi awal (23,98%) . 2) Peningkatan Ketuntasan hasil belajar fisika siswa dengan metode RST meningkat,
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10969
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository