• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Permainan Congklak Angka terhadap Kemampuan Berhitung pada anak usia 5-6 tahun di RA Baiturrahman Banyuwangi tahun ajaran 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI SITI NURFADILAH (109).pdf (2.861Mb)
    Date
    2022-04-25
    Author
    NURFADILAH, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu aspek yang perlu untuk dikembangkan pada anak usia dini yaitu aspek kognitif. Perkembangan kognitif tersebut dapat diperoleh salah satunya dari kegiatan pembelajaran matematika seperti berhitung, pengukuran, bentuk geometri, pola dan mencocokan. Berdasarkan hasil observasi di RA Baiturrahman Banyuwangi, ditemukan beberapa anak yang masih mengalami kesulitan dalam memahami kemampuan berhitung. Pemahaman anak dalam belajar masih sebatas mengingat dan menghafal. Sehingga ketika guru meminta anak-anak untuk mengaplikasikannya secara langsung ke dalam LKA (Lembar Kerja Anak), masih ada beberapa anak yang mengalami kesulitan. Hal tersebut dapat dibuktikan pada saat pembelajaran masih ada anak yang tidak dapat mengurutkan lambang bilangan, ada juga anak yang masih kesulitan dalam menyebutkan lambang bilangan, anak mampu menyebutkan lambang bilangan dari 1 sampai dengan 20 bahkan lebih, akan tetapi anak tidak memahami simbol bilangannya dan ketika anak diminta untuk menghitung banyaknya benda di LKA (Lembar Kerja Anak), anak masih belum tepat dalam menunjukkan gambar sehingga hasil hitungan anak menjadi salah. Permasalahan tersebut terjadi karena tidak adanya media saat pembelajaran, sehingga membuat anak-anak merasa jenuh dan cepat bosan ketika pembelajaran sedang berlangsung. Jadi dengan adanya permasalahan tersebut penelitian ini ingin menguji coba permainan dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini. Permainan congklak angka dipilih untuk menjembatani pembelajaran berhitung pada anak usia dini. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan permainan congklak angka terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di RA Baiturrahman Banyuwangi tahun ajaran 2021/2022?”. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan permainan congklak angka terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di RA Baiturrahman Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan peneliti menggunakan eksperimental dan pola penelitian yang dilakukan adalah jenis Quasi Eksperimental dan menggunakan rancangan Non-Equivalent Control Group. Penelitian eksperimental yaitu berusaha untuk mengkaji apakah ada atau tidak hubungan antara sebab dan akibat pada perlakuan yang diberikan dan dampak yang terjadi. Penelitian ini pula ditujukan untuk mengetahui ada tidaknya sebuah pengaruh permainan congklak angka terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di RA Baiturrahman Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t-test diperoleh hasil thitung sebesar 4,540. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan pada ttabel. Kemudian diketahui df = n – 2 maka df = 30 – 2 = 28 pada taraf signifikansi 5%, sehingga ttabel = 2,048. Berdasarkan hasil diatas dapat diketahui bahwa hasil thitung > ttabel yaitu 4,540 > 2,048. Berdasarkan dari hasil diatas maka dapat diketahui bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak sedangkan pada hipotesis (H1) diterima yang artinya ada pengaruh permainan congklak angka terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di RA Baiturrahman Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022. Saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat menjadikan media permainan congklak angka dalam penelitian ini sebagai salah satu dalam program pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut bisa tercapai secara optimal.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109661
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository