IDENTIFIKASI TINGKAT KONSISTENSI IMPLEMENTASI SYNTAX PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAHASISWA PPL BOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Program Pengalaman Lapangan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar konsistensi
implementasi syntax pembelajaran kooperatif mahasiswa PPL biologi dan adakah
hubungannya dengan hasil belajar siswa SMPN Kabupaten Jember. Subyek
penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jember yang
mengikuti program PPL di SMP Negeri Kabupaten Jember pada periode Maret – Juni
2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei dan
untuk penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data
yang diperoleh akan dideskripsikan kemudian dilakukan analisis korelasi untuk
mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat konsistensi syntax dengan hasil
belajar siswa.
Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwasanya tipe pembelajaran
kooperatif yang digunakan responden adalah STAD