Show simple item record

dc.contributor.authorWazirotus Sakinah
dc.date.accessioned2013-12-20T02:36:30Z
dc.date.available2013-12-20T02:36:30Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210103032
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10955
dc.description.abstractModel pembelajaran CLIS (Children’s Learning in Science) merupakan model pembelajaran yang menekankan pada pembangunan ide-ide oleh siswa. Model pembelajaran ini memiliki kelebihan mengajak siswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di lingkungan sekitar. Selain itu juga mengajak peserta didik untuk mengembangkan dan menyusun ide-ide serta gagasan mereka sendiri, dan cara mereka memadukan ide- ide dan gagasan akan tergantung pada pengetahuan awal yang mereka miliki (Levinson, 1994:98). Sehingga sangat cocok untuk digunakan pada sub topik pencemaran lingkungan dan pembuatan produk daur ulang karena materi yang dipelajari berkaitan dengan lingkungan di sekitar siswa sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap aktivitas siswa yang berupa oral activity, writing activity, motor activity, dan mental activity. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap hasil belajar siswa yang berupa kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian dilakukan pada bulan Mei minggu pertama hingga minggu ketiga tahun 2012. Penelitian dimulai dengan melaksanakan salah satu tahap lesson study yaitu plan yang dilaksanakan oleh peneliti, guru, dan observer untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Kemudian dilakukan tahap do yang merupakan observasi di kelas. Selanjutnya, dilakukan tahap see untuk merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan independent sample t-test dan ANAKOVA. Hasil analisis data untuk mengetahui pengaruh terhadap aktivitas siswa dengan menggunakan independent sample t-test adalah t =7,95 lebih besar dari t 0,05 =1,671 , test sehingga model pembelajaran ini memberikan pengaruh positif yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Kemudian analisis data dengan menggunakan ANAKOVA untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar kognitif produk adalah nilai F=5,469 (p<0,05) sehingga model pembelajaran CLIS memberikan pengaruh positif yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Sedangkan hasil analisis menggunakan independent sample t-test pada kognitif proses adalah t test =8,481 lebih besar dari t =1,671, pada afektif nilai t test =4,883 lebih besar dari t 0,05 0,05 =1,671, dan psikomotor nilai t =11,47 lebih besar dari t 0,05 test =1,67, sehingga model pembelajaran ini memberikan pengaruh positif pada hasil belajar kognitif proses, afektif, dan psikomotor yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terdapat pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Lesson study dalam bidang biologi kelas X semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di SMA Negeri 1 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103032;
dc.subjectModel Pe mbelajaran CLIS, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Lesson Studyen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA MELALUI LESSON STUDYen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record