• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR SISWA MELALUI LESSON STUDY

    Thumbnail
    View/Open
    Wazirotus Sakinah - 080210103032 (2)_1.pdf (797.9Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Wazirotus Sakinah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran CLIS (Children’s Learning in Science) merupakan model pembelajaran yang menekankan pada pembangunan ide-ide oleh siswa. Model pembelajaran ini memiliki kelebihan mengajak siswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di lingkungan sekitar. Selain itu juga mengajak peserta didik untuk mengembangkan dan menyusun ide-ide serta gagasan mereka sendiri, dan cara mereka memadukan ide- ide dan gagasan akan tergantung pada pengetahuan awal yang mereka miliki (Levinson, 1994:98). Sehingga sangat cocok untuk digunakan pada sub topik pencemaran lingkungan dan pembuatan produk daur ulang karena materi yang dipelajari berkaitan dengan lingkungan di sekitar siswa sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap aktivitas siswa yang berupa oral activity, writing activity, motor activity, dan mental activity. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap hasil belajar siswa yang berupa kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian dilakukan pada bulan Mei minggu pertama hingga minggu ketiga tahun 2012. Penelitian dimulai dengan melaksanakan salah satu tahap lesson study yaitu plan yang dilaksanakan oleh peneliti, guru, dan observer untuk merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Kemudian dilakukan tahap do yang merupakan observasi di kelas. Selanjutnya, dilakukan tahap see untuk merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan independent sample t-test dan ANAKOVA. Hasil analisis data untuk mengetahui pengaruh terhadap aktivitas siswa dengan menggunakan independent sample t-test adalah t =7,95 lebih besar dari t 0,05 =1,671 , test sehingga model pembelajaran ini memberikan pengaruh positif yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Kemudian analisis data dengan menggunakan ANAKOVA untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar kognitif produk adalah nilai F=5,469 (p<0,05) sehingga model pembelajaran CLIS memberikan pengaruh positif yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Sedangkan hasil analisis menggunakan independent sample t-test pada kognitif proses adalah t test =8,481 lebih besar dari t =1,671, pada afektif nilai t test =4,883 lebih besar dari t 0,05 0,05 =1,671, dan psikomotor nilai t =11,47 lebih besar dari t 0,05 test =1,67, sehingga model pembelajaran ini memberikan pengaruh positif pada hasil belajar kognitif proses, afektif, dan psikomotor yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terdapat pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Lesson study dalam bidang biologi kelas X semester genap tahun pelajaran 2011/2012 di SMA Negeri 1 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10955
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository