Pengaruh e-Service Quality dan Brand Image terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen Aplikasi Shopee pada Mahasiswa Universitas Jember
Abstract
Perkembangan dunia digital pada era marketing 4.0 menemukan cara yang
mempermudah para pelaku usaha dalam memasarkan produknya yaitu melalui ecommerce, hal ini dikarenakan siapapun yang dapat mengakses computer,
memiliki sambungan internet dan memiliki cara untuk membayar barang-barang
ataupun jasa yang mereka beli dapat berpartisipasi dalam e-commerce.
Pertumbuhan e-commerce yang cukup signifikan karena gaya masyarakat yang
mulai bergeser dari belanja offline menjadi cenderung berbelanja online. Di
Indonesia sendiri banyak sekali jenis e-commerce yang saling bersaing guna
merebut pangsa pasar di Indonesia, sehingga diperlukan strategi yang jitu agar ecommerce tersebut mampu memenangkan persaingan. Salah satu hal yang dapat
dilakukan perusahaan yaitu dengan meningkatkan kepuasan konsumen yang pada
akhirnya akan meningkatkan pula probabilitas para penggunanya untuk berminat
melakukan pembelian ulang pada platformnya. Karena dengan kepuasan
konsumen maka akan membuat perusahaan bisa bertahan dalam waktu jangka
panjang yang ditimbulkan adanya loyalitas pelanggan. Berbagai faktor dapat
digunakan produsen untuk menstimuli kepuasan konsumen yang pada akhirnya
akan menciptakan minat beli ulang diantaranya yaitu e-service quality dan brand
image.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh eservice quality dan brand image terhadap minat beli ulang melalui kepuasan
konsumen pada mahasiswa Universitas Jember. Populasi penelitian ini adalah
mahasiswa pengguna Shopee di Universitas Jember. Sampel yang digunakan
sebanyak 112 orang ditentukan dengan teknik accidental sampling atau
convenience sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang
dikuantitatifkan. Sumber data yang digunakan berupa data primer. Sumber data
primer dalam penelitian ini didapat dari penyebaran kuesioner kepada responden
yaitu mahasiswa Universitas Jember pelanggan aplikasi Shopee. Metode analisis
data yang digunakan adalah analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa e-service quality berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen pada mahasiswa Universitas Jember pengguna aplikasi
Shopee, hubungan yang ditunjukan oleh nilai koefisien bernilai positif
mengindikasikan bahwa semakin baik e-service quality pada aplikasi Shopee
maka kepuasan konsumen yaitu mahasiswa Universitas Jember pengguna Shopee
akan mengalami peningkatan. Brand image berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen pada mahasiswa Universitas Jember pengguna aplikasi Shopee,
hubungan yang ditunjukan oleh nilai koefisien bernilai positif mengindikasikan
bahwa semakin baik brand image aplikasi Shopee maka kepuasan konsumen yaitu
mahasiswa Universitas Jember pengguna Shopee akan mengalami peningkatan. Eservice quality berpengaruh terhadap minat beli ulang pada mahasiswa
Universitas Jember pengguna aplikasi Shopee, hubungan yang ditunjukan oleh
nilai koefisien bernilai positif mengindikasikan bahwa semakin baik e-service
quality pada aplikasi Shopee maka minat beli ulang mahasiswa Universitas
Jember pengguna aplikasi Shopee akan mengalami peningkatan. Brand image
berpengaruh terhadap minat beli ulang pada mahasiswa Universitas Jember
pengguna aplikasi Shopee, hubungan yang ditunjukan oleh nilai koefisien bernilai
positif mengindikasikan bahwa semakin baik brand image aplikasi Shopee maka
minat beli ulang mahasiswa Universitas Jember pengguna aplikasi Shopee akan
mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa
kepuasan konsumen berpengaruh terhadap minat beli ulang dibuktikan dengan
nilai signifikansi yang lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditentukan,
hubungan yang ditunjukan oleh nilai koefisien bernilai positif mengindikasikan
bahwa semakin baik kepuasan konsumen maka minat beli ulang mahasiswa
Universitas Jember pengguna aplikasi Shopee akan mengalami peningkatan.