dc.contributor.author | AZIZAH, Nabilah Nur | |
dc.contributor.author | INDRAWATI, Indrawati | |
dc.contributor.author | AHMAD, Nur | |
dc.date.accessioned | 2022-09-15T06:27:32Z | |
dc.date.available | 2022-09-15T06:27:32Z | |
dc.date.issued | 2022-08-01 | |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109479 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri disertai media
pictorial riddle terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMP. Desain penelitiannya quasi experiment dengan
jenis rancangannya post-test only control group design. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP
Negeri 11 Jember dengan sampel terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Teknik dan instrumen
pengumpulan data utama menggunakan tes dan angket. Data pendukung lainnya dengan teknik observasi,
wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan uji independent sample t-test jikalau data
berdistribusi normal dan uji Mann Whitney jikalau data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian
menunjukkan siswa di kelas eksperimen mendapatkan rata-rata nilai yang lebih baik dibanding kelas
kontrol, sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran
inkuiri disertai media pictorial riddle berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMP. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Pancasakti Science Education Journal | en_US |
dc.subject | model pembelajaran inkuiri | en_US |
dc.subject | media pictorial riddle | en_US |
dc.subject | motivasi belajar | en_US |
dc.subject | hasil belajar | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri disertai Media Pictorial Riddle pada Materi Kalor dan Perpindahannya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP | en_US |
dc.type | Article | en_US |