Pengaruh e-Service Quality terhadap Minat Beli Melalui Kepuasan Pelanggan pada Live Streaming Shopee di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember
Abstract
Pengaruh E-Service Quality terhadap Minat Beli melalui Kepuasan Pelanggan
padaFasilitas Live Streaming SHOPEE di faklultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Jember; Radhea Puji Andika; 160810201107; 100 halaman; jurusan manajemen;
Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Universitas Jember. Perkembangan internet pada abad
ke 20 ini sudah tidak terpungkiri lagi sudah terdepan. Perkembangan internet ini juga
mempengaruhi berbagai system seperti system perdagangan. Dengan adanya internet
system perdangan tidak memperlukan pertemuan secara fisik untuk melakukan
transaksi. Masyarakat Indonesia lebih mempertimbangkan efesiensi dan harga yang
kompetitif untuk menggungguli yang lainnnya. Dengan berkembangnya persaingan
harga dan efesiensi yang beragam, E-Service Quality berperan dalam meningkatkan
tingkat kepuasan pelanggan guna meningkatkan minat beli.
Kini masyarakat sudah tidak asing lagi bila mendengar istilah electronic commerce
atau biasa di kenal dengan istilah e-commerce. Salah satu marketplace asal Singapura
yaitu Shopee yang merupakan salah satu perusahaan e-commerce dengan kelompok
interaksi C2C. Shopee telah mengeluarkan fitur yang bernama Shopee Live. Shopee
Live adalah fitur dimana oenjual dapat menawarkan berang dagangannya secara online
dengan menunjukan produk secara langsung melalu Live Streaming. Fungsi Shopee
Live ini untuk meningkat minat penggunaan dan minat beli dengan menggunakan
Shopee. Hal tersebutlah yang akhirnya melatar belakangi penelitian ini.
Penelitian ini dilakukan di jember pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Jember yang menggunakan Shopee Live pada Shopee untuk membeli suatu
produk. Penelitian dengan menggunakan teknik pengumpulan sampel purposive
sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil
penelitian menunjukan bahwa E-Service Quality berpengaruh secara signifikan
terhadap Kepuasn Pelanggan dan Minat Beli. Kedua, Kepuasan Pelanggan
berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Beli. Ketiga, Kepuasan Pelanggan dapat
mediasi E-Service Quality dalam pengaruh Minat Bel