• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Harga dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan pada Marketplace Bukalapak

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (1.969Mb)
    Date
    2022-08-04
    Author
    AGUSTININGSIH, Fazira Leonita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan internet yang berkembang pesat saat ini telah bermetamorfosis dari platform sosial ke platform pemasaran bahkan menyebabkan pergeseran kebiasaan berbelanja secara online daripada toko offline. Ada banyak saluran dan platform yang dapat digunakan dalam melakukan aktivitas belanja online seperti menggunakan situs web atau aplikasi. Alasan konsumen memilih berbelanja online karena kenyamanan menjadi hal yang menarik bagi mereka. Namun, masih terdapat keluhan atau komplain dari konsumen tentang sistem belanja online. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat pada tahun 2019 sedikitnya ada 34 kasus berisi keluhan pelanggan terhadap pelayanan marketplace. Ini menandakan perusahaan marketplace termasuk Bukalapak dituntut untuk menciptakan transaksi belanja online yang lebih aman dan nyaman. Pasalnya, pengalaman belanja konsumen dinilai menjadi hal penting dalam menentukan kepuasan yang berpengaruh pada perilaku pembelian konsumen selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis variabel yang mempengaruhi minat beli ulang pengguna marketplace Bukalapak yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory reseacrh. Responden yang diteliti yaitu konsumen yang telah mengunjungi, menggunakan, atau melakukan transaksi pembelian pada marketplace Bukalapak dengan teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang dipilih sebanyak 108 responden yang diperoleh dengan melakukan penyebaran angket/kuesioner kepada responden yang memenuhi kriteria. Teknik analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) yang dioperasikan melalui program Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 23. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (2) E- service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan; (3) Harga berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli ulang; (4) E-service quality berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli ulang; (5) Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang; (6) Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang melalui kepuasan pelanggan; (7) E-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang melalui kepuasan pelanggan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109440
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository