dc.description.abstract | Penelitian ini ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan
konsumen dalam membeli produk sepeda motor merek Suzuki di dealer sepeda motor
Suzuki Trunojoyo Jember. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan
Kuantitatif. Lokasi penelitian di Dealer sepeda Motor Suzuki Trunojoyo Jember, jalan
Trunojoyo no. 23 Jember. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang
membeli produk sepeda motor Suzuki di dealer Suzuki Trunojoyo pada tahun 2010
yaitu sebanyak 342 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan random
sampling dan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dan
jumlahnya menjadi 78 responden. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan
analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi responden tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk
sepeda motor merek suzuki di dealer sepeda motor Suzuki Trunojoyo Jember,
didapatkan nilai yang tertinggi adalah pada faktor pribadi. Hal ini menunjukan bahwa
indikator-indikator seperti usia, pekerjaan, gaya hidup, situasi ekonomi dan
kepribadian memberikan kontribusi yang sangat besar dalam mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen pada produk sepeda motor merek Suzuki. Nilai
terendah adalah pada faktor Psikologi, yang berarti indikator-indikator seperti
motivasi, persepsi, dan keyakinan memberikan kontribusi yang sangat rendah dalam
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk sepeda motor merek
Suzuki.
Berdasarkan hasil penelitian, hal yang perlu diperhatikan bahwa faktor
dominan yang mendorong konsumen dalam memutuskan membeli sepeda motor
Suzuki adalah faktor pribadi, karenanya Suzuki diharapkan bisa memberikan produk
sepeda motor sesuai dengan harapan konsumen baik dari desain dan tampilan, yang
bisa digunakan baik oleh pria dan wanita, dari segala usia dan tentunya dengan harga
yang terjangkau sehingga dapat meningkatkan penjualan. | en_US |