Peran Mediasi Risk Attitude pada Pengaruh Fear of Covid dan Travel Anxiety terhadap Travel Intention Wisatawan Pantai Papuma Jember
Abstract
Sektor industri pariwisata saat ini sedang mengalami penurunan yang cukup
drastis dikarenkanan adanya pandemi COVID-19 mengakibatkan wisatawan
memiliki ketakutan yang berlebihan akan terinfeksi virus pada saat melakukan
perjalanan wisata hal tersebut menjadi sebuah pertimbangan untuk tidak melakukan
kegiatan wisata selama pandemi berlangsung. Perubahan pola perilaku konsumen
dalam menentukan sebuah keputusan untuk membeli produk atau jasa pariwisata
dimasa pandemi menjadi perhatian khusus bagi pihak yang terkait yaitu pengelola
destinasi wisata. Terjaminnya kebersihan, kesehatan, dan keselamatan dari infeksi
COVID-19 merupakan sebuah kenyamanan yang dibutuhkan oleh wisatawan.
Salah satunya adalah pihak pengelola objek wisata Pantai Papuma yang harus
memikirkan beberapa cara untuk meningkatkan daya tarik wisatawan untuk
mengunjungi kembali Pantai Papuma.
Penelitian ini menggunakan metode explanatory research dengan populasi
yaitu seluruh wisatawan yang pernah mengunjungi Pantai Papuma Jember. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah convinence
sampling. Jumlah sampel sebanyak 175 responden. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis SEM (Struqtural Equation Model). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 1) Fear of Covid 19 mempengaruhi Risk Attitude secara
signifikan pada wisatawan Pantai Papuma Jember. 2) Travel Anxiety
mempengaruhi Risk Attitude secara signifikan pada wisawatan Pantai Papuma
Jember. 3) Travel Anxiety mempengaruhi Travel Intention seacara signifikan pada
wisatwan Pantai Papuma Jember. 4) Fear of Covid 19 tidak memperngaruhi Travel
Intenion secara signifikan pada wisatawan Pantai Papuma Jember. 5) Risk Attitude
mempengaruhi Travel Intention secara signifikan pada wisatawn Pantai Papuma
Jember.