Optimalisasi Distribusi Minuman Sachet pada PT. Jaya Subur Menggunakan Metode Saving Matrix
Abstract
Pelaksanaan distribusi sering kali berhadapan dengan berbagai jenis
masalah seperti efisiensi waktu, efisiensi biaya, dan efektifitas kendaraan.
Ketepatan pengiriman produk kepada pelanggan harus memiliki dasar penjadwalan
dan rute secara tepat sehingga produk sampai ditangan pelanggan tepat waktu.
Penggunaan rute pengiriman yang tepat akan menghasilkan produk yang disalurkan
sampai dalam kondisi yang baik disertai penggunaan waktu yang efisien.
PT. Jaya Subur adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang
Distribusi / pemasaran yang telah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan
multinasional untuk memasarkan produknya di wilayah Banyuwangi, Jember,
Situbondo, Bondowoso, Bali, Tabanan dan Singaraja. Proses penentuan distribusi
yang dilakuakan PT. Jaya Subur dilakukan berdasarkan pemesanan lebih awal dan
tidak memperhatikan penentuan rute yang efektif serta kapasitas dari kendaraan
yang digunakan sehingga dapat terjadi kemungkinan dalam proses distribusi
kendaraan menepuh jarak yang terlalu jauh dan memakan biaya transportasi yang
tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang
digunakan didalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi langsung dan proses
analisis data menggunakan metode saving matrix. Berdasarkan hasil analisis data,
setelah dilakukannya perhitungan menggunakan metode saving matrix rute yang
dihasilkan adalah dari 6 rute menjadi 4 rute baru. Rute awal perusahaan dengan
total jarak 593,9 km dan menghabiskan biaya transportasi sebesar
Rp1.746.880/bulan dan Rp436.720/minggu. Setelah melakukan perhitungan saving
matrix diperoleh total jarak 302,2 km dan menghabiskan biaya transportasi sebesar
Rp887.860/bulan serta biaya perminggu Rp221.965. Total penghematan jarak
tempuh yang diperoleh adalah 291,7 km dan selisih total biaya sebesar
Rp859.020/bulan dan Rp. 214.755/minggu.