• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Harga dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian melalui Intention to Use Pengguna Shopee PayLater

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Fuad Alfadhi Watermark.pdf (13.41Mb)
    Date
    2022-07-23
    Author
    ALFADHI, Fuad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan bisnis di Indonesia dapat menjadi suatu bahasan atau fenomena yang menarik. Terlebih lagi dengan didampingi pola pertumbuhan dan perubahan kegiatan ekonomi yang semakin beragam dan dapat memberikan peluang bagi para pelaku usaha maupun konsumen. Di zaman yang semakin maju dan serba digital, sebuah teknologi dapat mengubah suatu gaya hidup manusia yang awalnya dilakukan secara fisik menjadi non-fisik. Internet sebagai teknologi informasi yang mutakhir dan tidak dapat dipisahkan dari gaya hidup masyarakat. Salah satu peluang yang memanfaatkan teknologi internet ada di sektor bisnis, yaitu dengan menggunakan perdagangan elektronik (e-commerce) sebagai media perdagangan yang dapat diakses semua orang dimana saja dan kapan saja. Perubahaan suatu lifestyle konsumen sangat mempengaruhi perusahaan, perusahaan harus bisa lebih survive dan memberikan nilai lebih sehingga menjadi pilihan bagi konsumen. Seiring dengan kemajuan teknologi, semakin banyak masyarakat yang mengandalkan teknologi, terlebih pada urusan finansial dalam transaksi online. Adanya tren jual-beli online yang meningkat, masyarakat menyadari teknologi finansial (financial technology) dapat mendukung dan mempermudah kebutuhan untuk melakukan pembayaran maupun pembelian. Penggunaan fintech semakin diminati masyarakat, salah satunya layanan cicilan tanpa menggunakan kartu kredit dalam bentuk fitur “PayLater”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian pengguna shopee paylater yang dimediasi oleh intention to use shopee paylater. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory reseacrh. Responden yang diteliti yaitu konsumen yang telah menggunakan fitur Shopee PayLater di Shopee untuk melakukan pembelian dengan teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang dipilih sebanyak 150 responden yang diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada responden yang memenuhi kriteria. Teknik analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) yang dioperasikan melalui program Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 24. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Harga berpengaruh signifikan terhadap intention to use shopee paylater; (2) Lifestyle berpengaruh signifikan terhadap intention to use shopee paylater; (3) Harga berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian; (4) Lifestyle berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian; (5) Intention to use shopee paylater berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109281
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository