Show simple item record

dc.contributor.authorHANINGTIYAS, Sukro Hesti
dc.date.accessioned2022-08-31T08:05:18Z
dc.date.available2022-08-31T08:05:18Z
dc.date.issued2022-07-06
dc.identifier.nim180210204304en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109171
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 31 Agustus 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran tematik terpadu ialah pembelajaran yang dipadukan dan dikaitkan beberapa muatan pelajaran. Bahasa Indonesia membahas mengenai teks nonfiksi, (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) PPKn membahas tentang keragaman budaya rumah adat Joglo di Provinsi Jawa Timur, dan (Ilmu Pengetahuan Sosial) IPS membahas tentang keragaman ekonomi di daerah Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu dengan panjangnya ringkasan materi memakan waktu pemahaman yang lama dan mengakibatkan peserta didik merasa bosan ketika menyimak dengan menggunakan metode ceramah saja, maka seorang guru perlu memilih metode pembelajaran yang cocok pada peserta didik agar memotivasi anak didiknya untuk belajar lebih baik, sehingga metode yang cocok pada peserta didik adalah metode guided note-taking atau catatan terbimbing. Kesimpulan dari (Suprijono, 2014:105; Zaini, dkk. 2008; dan Aziz, dkk. 2016), metode guided notetaking atau catatan terbimbing yang nantinya guru mengajar mendapatkan respon dari peserta didik dan menumbuhkan keaktifan di dalam kelas dengan menggunakan panduan yang berupa handout, yang mana handout berisi ringkasan materi pembelajaran yang hendak diberikan dengan metode ceramah, dan peserta didik diharuskan menyimak serta mengisi poin-poin materi yang sengaja dikosongkan oleh guru, agar peserta didik fokus dalam mengisi handout. pemilihan metode yang tepat guru juga perlu menambahkan media. Media yang tepat adalah media power point di mana peserta didik selain menyimak penjelasan guru maka peserta didik juga memperhatikan penjelasan melalui indera penglihatan. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian tentang adakah pengaruh metode pembelajaran guided note-taking berbantuan media power point terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV tema 7 indahnya keragaman di negeriku SDN 1 Pesanggaran Banyuwangi? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran guided note-taking berbantuan media power point terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV tema 7, subtema 2, pembelajaran 3. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Pesanggaran Banyuwangi pada tanggal 12-13 April 2022. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA berjumlah 40 dan kelas IVB berjumlah 41 peserta didik. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimental yang menggunakan quasi eksperimental dengan non-equivalent control grup design, dengan populasi seluruh peserta didik kelas IV. Kesimpulan hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran guided note-taking berbantuan media power point rerata pretest kelas eksperimen adalah 53,65 dan kelas kontrol 55,43 pada hasil posttest kelas eksperimen adalah 82,65 sedangkan kelas kontrol adalah 67,39. Selanjutnya dilakukan t-test dengan perhitungan selisih nilai pretest dan posttest pada kedua kelas dengan cara manual program SPSS versi 25 dengan membandingkan ttabel dengan thitung menunjukkan bahwa thitung = 7,670. Harga ttabel dengan taraf signifikansi 5% pada df 79 adalah 1,664. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel artinya H0 ditolak dan Ha diterima. hasil perhitungan ER diperoleh pada penggunaan metode pembelajaran guided note-taking berbantuan media power point lebih efektif 83,29%. Oleh karena itu dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran guided note-taking berbantuan media power point terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV tema 7 indahnya keragaman di negeriku SDN 1 Pesanggaran Banyuwangi. Adapun saran berdasarkan pada penelitian yang dilakukan, bagi kepala sekolah hasil penelitian ini digunakan acuan serta pertimbangan di sekolah, bagi guru dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran, agar guru dapat mengetahui kemampuan peserta didiknya, dan bagi peneliti lain bisa menjadi referensi dan dikembangkan lebih lanjut selain menjadi memotivasi belajaren_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Chumi Zahroul Fitriah, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II : Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN GUIDED NOTETAKINGen_US
dc.subjectMEDIA POWER POINTen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePengaruh Metode Pembelajaran Guided Note-Taking Berbantuan Media Power Point terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku SDN 1 Pesanggaran Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Chumi Zahroul Fitriah, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pden_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record