• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Civil Engineering
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Civil Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Metode Pelaksanaan Pilar P2 dan P3 pada Proyek Pembangunan Jembatan Kanor-Rengel Bojonegoro

    Thumbnail
    View/Open
    Proyek Akhir Alifi Almadani 191903103026.pdf (3.406Mb)
    Date
    2022-07-25
    Author
    ALMADANI, Alifi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada proyek pembangunan Jembatan Kanor-Rengel terdapat 4 titik pilar yang di kerjakan. Konstruksi beton bertulang yang menumpu di atas pondasi tiang pancang baja ini berfungsi sebagai pemikul antara bentang tepi dan bentang tengah bangunan atas jembatan, menerima dan menyalurkan gaya-gaya vertikal dan horizontal dari bangunan atas ke pondasi dan disalurkan ke tanah. Pada proyek pembangunan Jembatan Kanor-Rengel ini terdapat 4 pilar yang membagi bentang jembatan menjadi tiga segmen sepanjang 55 m; 60 m; dan 55 m. Dalam pembangunan jembatan ini, pilar P1 dan pilar P4 terletak di darat sedangkan pilar P2 dan pilar P3 terletak di Sungai Bengawan Solo. Pilar jembatan terdiri dari pile cap, kolom pilar, dan kepala pilar/pier head. Pondasi yang digunakan pada pilar proyek pembangunan jembatan ini yaitu pondasi tiang pancang baja dengan isian pancang beton bermutu fc’ 30 MPa. Pondasi tiang pancang baja (strous pipe pile) ini diikat dengan baja pengaku dan disatukan dengan pile cap. Pile cap bertujuan agar lokasi kolom/pilar benar–benar berada pada di titik pusat pondasi sehingga tidak menyebabkan eksentrisitas yang dapat menyebabkan beban tambahan pada pondasi. Selain itu, pile cap/footing juga berfungsi untuk menahan gaya geser dari pembebanan yang ada. Pilar P2 dan P3 bagian kolomnya terpisah dan terdiri dari dua kolom yang berbentuk lingkaran (jenis Trestle dengan 2 kolom/pilar). Konstruksi pilar jembatan pada proyek ini menggunakan beton mutu fc’ 30 MPa. Baja tulangan yang digunakan adalah D13 mm, D16 mm, D19 mm, D22 mm dan D25 mm, serta tulangan sengkang spiral ∅12 mm
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109150
    Collections
    • DP-Civil Engineering [111]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository