• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Bercerita dengan Wayang Beber Tematik dalam Meningkatkan Keterampilan Bicara Anak Usia 4-5 Tahun diTK Kartika IV-8 Secaba Jember Tahun Ajaran 2021/2022

    Thumbnail
    View/Open
    QOTHRUN NADA (180210205088).pdf (5.563Mb)
    Date
    2022-07-15
    Author
    FEBRIANI, Qothrun Nada Setiawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rumusan masalah dalam penelitianَّiniَّadalahَّ“Bagaimana pengembangan model bercerita dengan wayang beber tematik dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK KARTIKA IV-8َّ Jember Penelitian produk yang dikembangkan yaitu melalui sintaks model pembelajaran dengan menggunakan wayang beber tematik dan perangkat pembelajaran yang diperlukan pada uji pengembangan yaitu RPPH. Pembahasan ini mneguraikan tentang ketercapaian aspek terkait tiga kriteria kualitas produk yang telah dikembangkan. Aspek tersebut terdiri dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Produk dikatakan layak jika memenuhi tiga kriteria tersebut. Penelitian tersebut termasuk Penelitian dan Pengembangan (Reseach and Development).Penelitian ini dilakukan di lembaga sekolah TK KARTIKA IV-8 SECABA JEMBER. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Reseach and Development). Metode pengumpulan data yang digunakan ialah validasi ahli, lembar observasi, angket,dan dokumentasi wawancara. Hasil pengembangan model bercerita ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak dengan menggunakan lembar validasi dikategorikan valid berdasarkan hasil penilaian validator, aspek kepraktisan memenuhi interpretasi baik dan intrepetasi tinggi karna aktivitas pengajar diamati dari lembar observasi, dan aspek keefektifan pembelajaran dilakukan dua kali implementasi dengan menggunakan instrumen aktivitas anak. Saran yang dapat diambil di dalam terlaksanaya pengembangan ini adalah permainan wayang beber tematik yang dapat mengembangan model bercerita anak dan permainan wayang beber ini dapat divariasikan sesuai dengan tema yang ingin digunakan
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109132
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository