• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Transaksi Jual Beli Sepeda Motor Antara Sales Counter dan Konsumen di UD Central Buana Motor Kota Bondowoso: Suatu Kajian Etnografi Komunikasi

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (2.961Mb)
    Date
    2022-07-21
    Author
    SARI, Dini Intan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian etnografi komunikasi ini berlangsung di dealer UD Central Buana Motor Kota Bondowoso. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh pola komunikasi meliputi proses interaksi dan muatan tema budaya pada transaksi antara sales counter dan konsumen dalam aktivitas jual beli. Alasan dipilihnya topik ini karena UD Central Buana Motor merupakan dealer resmi Honda pertama yang ada di Kota Bondowoso sejak tahun 1980. Kemudian dilihat dari upaya sales counter dalam bertransaksi dilakukan dengan cara menciptakan suasana komunikasi yang santai, menggunakan bahasa yang nyaman dan non formal, serta menjadi narahubung yang siap memberikan informasi dalam melakukan transaksi unit bagi konsumen yang tidak datang langsung ke dealer. Setelah peneliti melakukan penelusuran, belum ada riset penelitian dengan kajian etnografi komunikasi yang berkaitan dengan pranata ekonomi khususnya tentang transaksi jual beli antara sales counter dan konsumen yang ada di UD Central Buana Motor Kota Bondowoso. Kegiatan ini merupakan bentuk penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi. Datanya berupa konteks dan transkrip teks percakapan antara sales counter dan konsumen disertai dengan unsur kinesik dan prosodinya, serta dokumen atau arsip sebagai pendukung penelitian. Kegiatan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Proses pemaknaan data dilakukan dengan metode emik (interpretatif). Tahapan analisis data meliputi analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya. Pola interaksi komunikatif yang terjadi antara sales counter dan konsumen di UD Central Buana Motor Bondowoso memiliki dua jenis transaksi yaitu transaksi kredit dan transaksi kontan. Dalam aktivitas komunikasi tersebut, bahasa yang digunakan oleh sales counter dan konsumen adalah bahasa Indonesia dan bahasa Madura santai, jelas, dan teratur sehingga memudahkan keduanya untuk saling memahami topik komunikasi. Sikap dan perilaku komunikatif sales counter disertai dengan keramahan, kesantunan, dan kesabaran dalam menjelaskan serta memenuhi kebutuhan informasi konsumen. Sikap tersebut dapat memberi rasa percaya pada konsumen dan membuat konsumen nyaman untuk menanyakan halhal terkait dengan kebutuhannya. Pola komunikasi antara sales counter dan konsumen membentuk pola komunikasi dialogis dengan segmen urutan tindak komunikatif sebagai berikut: (1) greeting atau sapaan; (2) identifikasi; (3) pembahasan; (4) penawaran; (5) penyerahan persyaratan; (6) penyelesaian; dan (7) penutup. Jumlah segmen urutan tindak komunikatif antara sales counter dan konsumen berbeda-beda tergantung dari penjelasan sales counter terkait kebutuhan informasi konsumen. Fungsi komunikatif yang digunakan dalam aktivitas komunikasi ini meliputi fungsi direktif, asertif, ekspresif, dan komisif. Fungsi direktif berupa tuturan meminta, menyarankan, dan mengajak. Fungsi asertif berupa tuturan menjelaskan sesuatu, dan menyatakan pendapat atau kebenaran dari tuturan sebelumnya. Fungsi ekspresif berupa keluhan dan pujian. Fungsi komisif berupa penyampaian sesuatu yang terikat atau menjanjikan sesuatu. Fungsi direktif dan asertif adalah fungsi yang mendominasi, karena ditemukan banyak tindak komunikatif berupa saran dan permintaan/permohonan dalam interaksi ini. Konstruksi tema budaya dari aktivitas komunikasi transaksi jual beli ini adalah bahwa aktivitas transaksi akan efektif dan lancar apabila sales counter menguasai keseluruhan informasi terkait produk yang dijual dan memiliki keterampilan dalam berkomunikasi dengan konsumen. Interaksi antara sales counter dan konsumen dilandasi oleh sikap ramah, tenggang rasa, dan saling percaya sehingga tujuan dari transaksi dapat tercapai dengan baik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109123
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2320]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository