Show simple item record

dc.contributor.authorSeptiya Ahsani
dc.date.accessioned2013-12-20T02:07:18Z
dc.date.available2013-12-20T02:07:18Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM080210103033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10908
dc.description.abstractIndonesia sebagai negara yang berkembang berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan nasional. Tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional maka peningkatan kualitas pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting (Parminingsih, 2008:1). Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikan guru, selain komponenkomponen tersebut, seorang guru juga harus menguasai model-model pembelajaran dalam rangka untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa demi tercapainya tujuan pendidikan. Pembelajaran yang mengedepankan kegiatan siswa adalah dengan cooperatif learning teknik Two Stay Two Stray (Deliyani, 2008:14). Pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (dua tinggal dua tamu) memberikan kesempatan kepada kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok lain. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif juga diperlukan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media kotak kartu misterius (KOKAMI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray dengan media Kokami terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Motivasi belajar siswa diukur dengan pemberian angket ARCS (Attention, Relevance, Confidence. Satisfaction) pada awal dan akhir pembelajaran. Selanjutnya, hasil yang diperoleh dihitung dengan menggunakan rumus perhitungan motivasi ARCS. Hasil belajar kognitif siswa sebagai data utama diukur dengan menggunakan pretest dan posttest, kemudian hasil yang diperoleh diuji normalitas dan dilanjutkan dengan menggunakan uji Anakova. Sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T-tes. Berdasarkan hasil perhitungan angket ARCS (Attention, Relevance, Confidence. Satisfaction), diperoleh hasil yaitu pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray dengan media Kokami berpengaruh positif terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember. Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray dengan Media Kokami berpengaruh positif terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember terkait dengan aspek perhatian (attention) mampu meningkatkan perhatian siswa dengan selisih rerata nilai 2,54 yaitu dari awal 24,89 meningkat menjadi 27,43, keterkaitan (relevance) antara materi yang disampaikan oleh guru dengan materi yang telah dipelajari oleh siswa dengan selisih rerata nilai 2,83 yaitu dari awal 19,66 meningkat menjadi 22,49, percaya diri (confidence) dengan selisih rerata nilai 1,68 yaitu dari awal 22,03 meningkat menjadi 23,71, dan aspek kepuasan (satisfaction) dengan selisih rerata nilai 1,34 yaitu dari awal 25,89 meningkat menjadi 27,23. Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray dengan Media Kokami juga berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember pada materi Organisasi Kehidupan. Peningkatan ini dapat dilihat dari peningkatan rerata nilai pretest dan posttest sebesar 32,80 dari rerata pretest 28,83 menjadi rerata posttest 61,63. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray dengan media Kokami memberikan pengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103033;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray, Media Kokami, Motivasi dan Hasil Belajar Biologien_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA KOKAMI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record