PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA KOKAMI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
Abstract
Indonesia sebagai negara yang berkembang berupaya untuk meningkatkan
kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan nasional. Tujuan pendidikan
nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia
Indonesia seutuhnya. Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional maka peningkatan
kualitas pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting (Parminingsih,
2008:1). Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas
pendidikan adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikan guru, selain komponenkomponen
tersebut, seorang guru juga harus menguasai model-model pembelajaran
dalam rangka untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa demi tercapainya
tujuan pendidikan. Pembelajaran yang mengedepankan kegiatan siswa adalah dengan
cooperatif learning teknik Two Stay Two Stray (Deliyani, 2008:14). Pembelajaran
kooperatif teknik Two Stay Two Stray (dua tinggal dua tamu) memberikan
kesempatan kepada kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok
lain. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif juga diperlukan dalam
pembelajaran sehingga pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan. Salah
satu media yang dapat digunakan adalah media kotak kartu misterius (KOKAMI).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif
pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray dengan media Kokami terhadap
motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember semester
genap tahun pelajaran 2011/2012. Motivasi belajar siswa diukur dengan pemberian
angket ARCS (Attention, Relevance, Confidence. Satisfaction) pada awal dan akhir
pembelajaran. Selanjutnya, hasil yang diperoleh dihitung dengan menggunakan
rumus perhitungan motivasi ARCS.
Hasil belajar kognitif siswa sebagai data utama diukur dengan menggunakan
pretest dan posttest, kemudian hasil yang diperoleh diuji normalitas dan dilanjutkan
dengan menggunakan uji Anakova. Sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotorik
siswa dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T-tes.
Berdasarkan hasil perhitungan angket ARCS (Attention, Relevance,
Confidence. Satisfaction), diperoleh hasil yaitu pembelajaran kooperatif teknik Two
Stay Two Stray dengan media Kokami berpengaruh positif terhadap motivasi belajar
biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember. Pembelajaran Kooperatif Teknik Two
Stay Two Stray dengan Media Kokami berpengaruh positif terhadap motivasi belajar
biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember terkait dengan aspek perhatian
(attention) mampu meningkatkan perhatian siswa dengan selisih rerata nilai 2,54
yaitu dari awal 24,89 meningkat menjadi 27,43, keterkaitan (relevance) antara materi
yang disampaikan oleh guru dengan materi yang telah dipelajari oleh siswa dengan
selisih rerata nilai 2,83 yaitu dari awal 19,66 meningkat menjadi 22,49, percaya diri
(confidence) dengan selisih rerata nilai 1,68 yaitu dari awal 22,03 meningkat menjadi
23,71, dan aspek kepuasan (satisfaction) dengan selisih rerata nilai 1,34 yaitu dari
awal 25,89 meningkat menjadi 27,23. Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two
Stray dengan Media Kokami juga berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif
biologi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember pada materi Organisasi Kehidupan.
Peningkatan ini dapat dilihat dari peningkatan rerata nilai pretest dan posttest sebesar
32,80 dari rerata pretest 28,83 menjadi rerata posttest 61,63. Dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray dengan media Kokami
memberikan pengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas
VII SMP Negeri 6 Jember.