Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Celebrity Endorser di Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Scarlett Whitening di Sidoarjo
Abstract
Mempunyai wajah dan kulit bersih dan menarik merupakan suatu kesenangan tersendiri bagi wanita. Oleh karena itu, banyak wanita modern menghabiskan banyak waktu, energi, dan uang untuk membeli rangkaian perawatan kecantikan demi mencapai kebutuhan yang diinginkannya. Untuk itu, konsumen sebagai individu dalam mendapatkan atau produk kecantikan melalui proses-proses atau tahapan-tahapan terlebih dahulu seperti mencari informasi baik melalui iklan atau referensi dari orang lain, kemudian membandingkan produk kecantikan satu dengan produk lain sampai akhirnya pada keputusan membeli. Tujuan penelitian untuk membuktikan pengaruh signifikan baik secara bersama- sama dan parsial antara gaya hidup, harga, dan selebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk Skin Care Scarlett Whitening di Sidoarjo.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Sidoarjo bergender wanita. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan non-probability sampling yaitu dengan purposive sampling yang berarti bahwa penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Penentuan besarnya sampel berdasarkan jumlah indikator, dibutuhkan paling sedikit 5 kali jumlah indikator. Pada penelitian ini jumlah indikator sebanyak 21, berarti jumlah sampel yang diambil sebesar 105 sampel. Namun, untuk mendapatkan kevalidan data, maka sampel yang digunakan sebesar 150 responden. Data yang digunakan adalah data primer, yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian membuktikan, gaya hidup, harga dan celebrity endorse secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup terbukti secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga terbukti secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Celebrity endorse terbukti secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.