Efektivitas Metode Biblioterapi Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Tentang Menarche Di Sekolah Dasar Negeri 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Menarche adalah menstruasi pertama yang dialami oleh wanita. Pengetahuan mengenai perubahan fisik dan psikologi terkait menarche sangat dibutuhkan oleh remaja putri terutama yang belum mengalami menstruasi untuk mempersiapkan diri menghadapi menarche. Metode biblioterapi dapat memberikan manfaat yang efektif karena bahan bacaan dalam biblioterapi memiliki isi cerita yang spesifik, sesuai dengan karakteristik subjek dan mempunyai kandungan nilai belajar sehingga dapat digunakan sebagai metode yang memiliki kekuatan untuk mengubah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas metode biblioterapi terhadap pengetahuan remaja putri tentang menarche di Sekolah Dasar Negeri 1 Purwoharjo Negeri Kabupaten Banyuwangi. Desain penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan desain penelitian One Group Pre-test-Post-test Design yang menggunakan 38 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan total sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan rata-rata tentang menarche sebelum dan sesudah yaitu sebesar 4,35. Hasil uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa nilai p = 0,000 <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa "Ha diterima" yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dalam pengetahuan remaja putri sebelum dan sesudah pemberian metode biblioterapi. Sehingga metode biblioterapi efektif untuk meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang menarche di SDN 1 Purwoharjo dan dapat digunakan sebagai metode penyampaian informasi kepada siswa SD.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1531]