• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perencanaan Geometrik dan Struktur Jalan Rel pada Reaktivasi Jalur Kereta Api Lintas Mlilir – Ponorogo

    Thumbnail
    View/Open
    ILHAM EKO PRASETYO - 171910301064.pdf (5.887Mb)
    Date
    2021-07-14
    Author
    PRASETYO, Ilham Eko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Transportasi merupakan sektor penting bagi kegiatan ekonomi masyarakat, tetapi penggunaan transportasi harus diimbangi dengan efisiensi bahan bakarnya karena merupakan sektor pengkonsumsi bahan bakar minyak (BBM) terbesar dan berkontribusi mencemarkan lingkungan. Hal ini dapat diminimalisir dengan optimalisasi moda transportasi kereta api karena memiliki daya angkut paling unggul dan lebih efisien dalam hal konsumsi energi. Pemerintah berupaya untuk mengoptimalkan moda transportasi kereta api dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS). Salah satu program dari RIPNAS adalah reaktivasi jalur kereta api Madiun – Slahung. Penelitian ini dilakukan untuk merencanakan geometrik dan struktur jalan rel pada reaktivasi jalur kereta lintas Mlilir – Ponorogo. Literatur yang digunakan berasal dari peraturan terkait dan penelitian yang sejenis sebelumnya. Data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi data shapefile daerah Madiun dan Ponorogo, peta rupa bumi Jawa Timur, serta data pabrikasi bantalan dan penambat. Tahapan perencanaan meliputi perencanaan trase, perencanaan geometrik jalan rel, dan perencanaan struktur jalan rel. Kelas jalan rel yang direncanakan adalah kelas IV dengan kecepatan maksimum 90 km/jam dan beban gandar maksimal 18 ton. Perencanaan geometrik disesuaikan dengan trase eksisting yang menghasilkan tiga lengkung horizontal dan enam lengkung vertikal, sedangkan berdasarkan perencanaan struktur jalan rel menghasilkan penggunaan rel R54, celah antar rel 11 mm, baut sambungan 4Ø23 mm , bantalan tipe N-67, penambat pandrol clips tipe e’1800, tebal balas 46 cm, tebal subbalas 20 cm, panjang efektif emplasemen 283 m, dan wesel tipe 10.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108915
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4211]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository