• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Ditinjau dari Bepikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Dinda Nurul Qomariyah (180210101045) fiks (3).pdf (8.663Mb)
    Skripsi Dinda Nurul Qomariyah (180210101045) fiks (3).pdf (8.663Mb)
    Date
    2022-05-12
    Author
    QOMARIYAH, Dinda Nurul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu aspek penting untuk dikembangkan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Kenyataan dalam dunia pendidikan sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep, bahkan dalam soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah, kebanyakan siswa masih kebingungan bagaimana langkah-langkah pengerjaan. Terdapat beberapa langkah-langkah pemecahan masalah matematis menurut Polya (dalam Palasari dan Anggo, 2019) diantaranya yaitu: (1) memahami soal atau masalah; (2) membuat rencana atau cara untuk menyelesaikan; (3) melaksanakan rencana; (4) memeriksa kembali hasil yang didapat dan langkah-langkah pengerjaannya. Terkait aspek kemampuan pemecahan masalah dalam matematika, seorang siswa diharapkan memiliki kemampuan berpikir yang lebih tinggi yaitu kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis sangatlah penting, namun pada kenyataan di lapangan belum sesuai dengan yang diharapkan. Harapan dalam penelitian ini adalah mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap indikator, kemudian mengaitkannya dengan kemampuan pemecahan masalah pada setiap tingkatan Polya, sehingga peneliti membutuhkan subjek yang beragam. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian analisis kemampuan pemecahan masalah materi segiempat ditinjau dari bepikir kritis kelas VIII SMPN 1 Jember”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah pada materi segiempat ditinjau dari berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Jember. Subjek penelitian ini terdiri atas 2 siswa berada pada indikator menginterpretasi, 2 siswa berada pada indikator menganalisis, 2 siswa berada pada indikator mengevaluasi, dan 2 siswa berada pada indikator menginferensi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain tes kemampuan pemecahan masalah beserta kunci jawaban, tes kemampuan berpikir kritis beserta kunci jawaban, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Hasil tes kemampuan berpikir kritis pada penelitian ini, diperoleh siswa pada indikator menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi, dan menginferensi secara berturut-turut yaitu 15, 9, 3 dan 5. Kemudian dilakukan wawancara untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis. Setelah itu, diberikan tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan langkahlangkah pada Polya, lalu diwawancarai. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa siswa pada indikator 0 (menginterpretasi) tidak memenuhi semua indikator pada berpikir kritis. Siswa pada indikator ini memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kriteria kurang sekali. Siswa pada indikator 1 (menganalisis) hanya memenuhi 1 sampai 2 indikator pada berpikir kritis. Siswa pada indikator ini bahkan mulai mampu melaksanakan rencana walapun menggunakan strategi yang kurang tepat. Siswa pada indikator ini memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kriteria kurang. Siswa pada indikator 2 (mengevaluasi) memenuhi 3 indikator pada berpikir kritis. Siswa pada indikator ini memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kriteria cukup. Siswa pada indikator 3 (menginferensi) memenuhi 4 indikator berpikir kritis. Siswa pada indikator ini cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kriteria baik sekali.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108745
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository