Show simple item record

dc.contributor.authorMUHAMMAD QOYUM
dc.date.accessioned2013-12-20T01:38:59Z
dc.date.available2013-12-20T01:38:59Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM090210204133
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10871
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Rowotengah 04 disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional atau kurang bervariasi. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah yaitu sebesar 43,33%. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran IPS SDN Rowotengah 04 Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember melalui penerapan metode Example Non Example. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran IPS tema lingkungan di SDN Rowotengah 04 Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember melalui penerapan metode Example Non Example. Pengambilan data, penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dan bertempat di SDN Rowotengah 04 Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember, di mulai tanggal 18 November 2011 sampai dengan tanggal 16 Desember 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas III sejumlah 30 siswa, yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah 12 menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas Hasil analisis aktivitas belajar IPS siswa kelas III SDN Rowotengah 04 selama proses penerapan metode example non example yaitu sebesar 63,71%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 63,71% dan 81,85% yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Rowotengah 04 Jember selama proses pembelajaran melalui metode example non example mencapai pembelajaran yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode example non example dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran IPS pokok bahasan lingkungan alam dan buatan di SDN Rowotengah 04 kecamatan Sumberbaru kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran yang dapat diberikan peneliti untuk pertimbangan siswa adalah hendaknya menjadikan semangat belajar karena dengan metode example non example dapat membantu siswa untuk memahami materi melalui contoh gambar yang bukan termasuk dari contoh materi tersebut, bagi guru hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulita n dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran, dan bagi sekolah, hendaknya dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran IPS sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diharapkan oleh sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204133;
dc.subjectMetode Example Non Exampleen_US
dc.titlePENERAPAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN IPS TEMA LINGKUNGAN DI SDN ROWOTENGAH 04 TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record