PENERAPAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN IPS TEMA LINGKUNGAN DI SDN ROWOTENGAH 04 TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Rowotengah 04
disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih
bersifat konvensional atau kurang bervariasi. Oleh karena itu pemahaman
terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada hasil belajar siswa
yang rendah yaitu sebesar 43,33%. Sehingga rumusan masalah yang timbul
yaitu Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam
pembelajaran IPS SDN Rowotengah 04 Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember
melalui penerapan metode Example Non Example. Tujuan yang ingin dicapai
dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas III dalam pembelajaran IPS tema lingkungan di SDN Rowotengah 04
Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember melalui penerapan metode Example Non
Example.
Pengambilan data, penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun
pelajaran 2011/2012 dan bertempat di SDN Rowotengah 04 Kecamatan Sumberbaru
Kabupaten Jember, di mulai tanggal 18 November 2011 sampai dengan tanggal 16
Desember 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas III sejumlah 30 siswa, yang
terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah
12
menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas
Hasil analisis aktivitas belajar IPS siswa kelas III SDN Rowotengah 04
selama proses penerapan metode example non example yaitu sebesar 63,71%.
Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar
63,71% dan 81,85% yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil
belajar IPS siswa kelas III SDN Rowotengah 04 Jember selama proses pembelajaran
melalui metode example non example mencapai pembelajaran yang sangat signifikan
jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode example non example
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran
IPS pokok bahasan lingkungan alam dan buatan di SDN Rowotengah 04 kecamatan
Sumberbaru kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012.
Saran yang dapat diberikan peneliti untuk pertimbangan siswa adalah
hendaknya menjadikan semangat belajar karena dengan metode example non example
dapat membantu siswa untuk memahami materi melalui contoh gambar yang bukan
termasuk dari contoh materi tersebut, bagi guru hendaknya lebih aktif dalam
melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulita n
dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran, dan bagi sekolah, hendaknya
dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran IPS sebagai upaya dalam
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diharapkan oleh sekolah.