• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DALAM PEMBELAJARAN IPS TEMA LINGKUNGAN DI SDN ROWOTENGAH 04 TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Muhammad Qoyum_1.pdf (1.168Mb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    MUHAMMAD QOYUM
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Rowotengah 04 disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional atau kurang bervariasi. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah yaitu sebesar 43,33%. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran IPS SDN Rowotengah 04 Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember melalui penerapan metode Example Non Example. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran IPS tema lingkungan di SDN Rowotengah 04 Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember melalui penerapan metode Example Non Example. Pengambilan data, penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dan bertempat di SDN Rowotengah 04 Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember, di mulai tanggal 18 November 2011 sampai dengan tanggal 16 Desember 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas III sejumlah 30 siswa, yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah 12 menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas Hasil analisis aktivitas belajar IPS siswa kelas III SDN Rowotengah 04 selama proses penerapan metode example non example yaitu sebesar 63,71%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 63,71% dan 81,85% yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Rowotengah 04 Jember selama proses pembelajaran melalui metode example non example mencapai pembelajaran yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode example non example dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran IPS pokok bahasan lingkungan alam dan buatan di SDN Rowotengah 04 kecamatan Sumberbaru kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran yang dapat diberikan peneliti untuk pertimbangan siswa adalah hendaknya menjadikan semangat belajar karena dengan metode example non example dapat membantu siswa untuk memahami materi melalui contoh gambar yang bukan termasuk dari contoh materi tersebut, bagi guru hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulita n dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran, dan bagi sekolah, hendaknya dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran IPS sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diharapkan oleh sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10871
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository