• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Produktivitas Kerja Guru pada Era Pandemi di TK Ar-Roudhoh Kecamatan Patrang Jember

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI FEBYCIA-REPOSITORY.pdf (1.692Mb)
    Date
    2022-04-19
    Author
    PUTRI, Febycia Mellania
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kepemimpinan merupakan suatu upaya untuk mempengaruhi, memotivasi, mengarahkan, memotivasi, merencanakan, dan menggerakkan orang lain dengan menggunakan banyak metode untuk bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan tertentu secara optimal. Kepemimpinan kepala sekolah adalah kemampuan kepala sekolah dalam memimpin, merencanakan, dan membimbing para bawahannya (guru, staff karyawan, siswa, dan komponen sekolah lainnya) dalam mencapai tujuan pendidikan bersama. Beberapa kepemimpinan kepala sekolah yang harus dikuasai antara lain kompetensi pribadi, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi, dan kompetensi sosial. Kepemimpinan merupakan salah satu hal yang penting dalam mengelola sebuah organisasi atau kelompok. Oleh karena itu, dalam aktivitas kerjanya guru tidak lepas dari bagaimana kepemimpinan kepala sekolah bertindak dalam memimpin lembaganya. Untuk meningkatkan produktivitas kerja guru kepala sekolah perlu memperhatikan bagaimana guru dapat meningkatkan prestasi kerja yang berhubungan terhadap produktivitas kerja, dalam hal ini yaitu bagaimana sikap guru dan kesediaan guru dalam mengerjakan pekerjaan. Produktivitas kerja guru tidak hanya timbul dari dalam diri seorang guru tetapi juga dorongan dari luar. Beberapa hal yang memicu munculnya produktivitas kerja guru yaitu antara lain tanggung jawab, pengembangan diri, prestasi guru, dan gaji guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Adakah hubungan kepemimpinan kepala sekolah terhadap produktivitas kerja guru pada era pandemi di TK Ar-Roudhoh Kecamatan Patrang Jember?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu adakah hubungan kepemimpinan kepala sekolah terhadap produktivitas kerja guru pada era pandemi di TK Ar-Roudhoh Kecamatan Patrang Jember. Penelitian ini dilakukan di TK Ar-Roudhoh Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Responden penelitian ini adalah semua guru di TK Ar-Roudhoh Patrang yang berjumlah 10 orang guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan rumus tata jenjang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi tata jenjang dengan perhitungan manual diperoleh nilai rhitung sebesar 0,745 sedangkan rtabelsebesar 0,576 dengan taraf signifikan 5% maka rhitung lebih besar dari rtabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya apabila dikonsultasikan pada tabel pedoman interpretasi koefisien korelasi rhitung yang berada pada rentang 0,600 sampai 0,790 maka hubungan yang terjadi termasuk ke dalam kriteria hubungan yang cukup. Selanjutnya, berdasarkan penerimaan dan penolakan hipotesis jika dihubungkan dengan besaran rhitung yang diperoleh maka kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah “Ada hubungan yang cukup antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap produktivitas kerja guru pada era pandemi di TK Ar-Roudhoh Kecamatan Patrang Jember.” Saran yang dapat disampaikan yaitu baiknya kepala sekolah lebih menggali lebih lanjut mengenai hal-hal yang berkaitan dengan produktivitas kerja guru, sehingga ada faktor lain yang dapat meningkatkan produktivitas kerja guru seperti kemajuan dalam berkarir, rasa tanggung jawab, dan dorongan untuk berpretasi. Bagi guru diharapkan dapat melaksanakan tugas dan kewajiban semaksimal mungkin, agar produktivitas kerja dapat meningkat. Bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk penelitian yang lebih lanjut terkait kepemimpinan kepala sekolah dan produktivitas kerja guru. Memperbaiki instrumen sehingga didapatkan penelitian lebih baik serta menambah jumlah responden agar memperoleh hasil yang akurat dan perlu adanya pengembangan alat ukur.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108695
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository