Pengembangan Permainan Kooperatif Puppet Show Untuk Menstimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Cerdas Istimewa (Gifted Children) di Paud Inklusi Pelangi Harapan Ajung Kabupaten Jember
Abstract
Dalam lembaga PAUD Inklusi Pelangi Harapan Ajung Kabupaten Jember ditemukan bahwa seluruh guru paham betul mengenai kecerdasan jamak dan juga karakteristiknya, namun hanya saja penerapan dan pengaplikasiannya yang belum optimal contohnya adalah kurang tersedianya media penunjang pembelajaran seperti APE. Oleh karena itu perlu adanya usaha pembuatan permainan kooperatif yaitu Puppet Show dalam menstimulasi kecerdasan linguistik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan melihat efektifitas penerapan permainan kooperatif Puppet Show untuk menstimulasi kecerdasan linguistik anak cerdas istimewa (Gifted Children ). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan kuesioner validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data validasi, teknik analisis kepraktisan, dan teknik analisis keefektifan. Hasil pengembangan permainan kooperatif (Puppet show) yaitu: hasil uji efektifitas terhadap penggunaan permainan kooperatif Puppet Show di interpresentasikan sangat tinggi dengan skor ketuntasan pada uji skala kecil 85,8% dan skor ketuntasan pada uji skala besar adalah 87,5% yang artinya bahwa permainan kooperatif Puppet Show dapat digunakan untuk menstimulasi indikator-indikator kecerdasan linguistik anak cerdas istimewa (Gifted Children) di PAUD Inkulusi Pelangi Harapan Ajung.