Show simple item record

dc.contributor.authorPRANATA, Yudha Rizki
dc.date.accessioned2022-07-18T08:59:44Z
dc.date.available2022-07-18T08:59:44Z
dc.date.issued2021-06-29
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108527
dc.descriptionVerifikasi file _Kacung Finalisasi file 18 Juli 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPada Kompetensi Inti (KI) dalam Kurilukum 2013 buku Tematik Siswa SD kelas empat semester 2 pelajaran Bahasa Indonesia berharap siswa dapat mengeluarkan ide, gagasan, dan informasi dalam tulisan laporan. Menyusun laporan tentang berbagai topik sesuai dengan tema yang dipelajari siswa serta memperhatikan ejaan merupakan Kompetensi Dasar pada kelas IV. Siswa dapat membuat laporan sederhana dengan menggunakan ejaan yang baik dan tepat adalah indikator yang hendak dicapai siswa. Untuk itu kompetensi siswa kelas IV SD dalam hal menulis laporan sederhana cukup dibutuhkan guna tercapainya nilai indikator tersebut. Berdasarkan hasil observasi di SDN Kaliwining 04 Rambipuji diperoleh informasi bahwa terdapat beberapa permasalahan salah satu diantaranya adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis laporan sederhana. Siswa masih kesulitan untuk menyusun laporan sederhana yang memiliki aspek aspek penilaian diantaranya adalah pemilihan kata baku, penulisan menggunakan ejaan yang benar, dan penggunaan tanda baca yang tepat, masalah tersebut dikarenakan kurangnya minat siswa untuk membaca buku dan memperhatikan guru dalam proses pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa ialah dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery. Model pembelajaran ini dipilih karena dianggap tepat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa, dengan model pembelajaran Guided Discovery siswa dapat saling berdiskusi, menemukan dan saling membantu sesama teman sekaligus menumbuhkan rasa percaya diri dalam siswa untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan model guided discovery yang dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan siswa kelas IV SDN Kaliwining 04?; 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis laporan siswa kelas IV SDN Kaliwining 04 setelah diterapkan model guided discovery?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendapatkan deskripsi tentang penerapan model guided discovery agar keterampilan menulis laporan siswa kelas IV SDN Kaliwining 04 meningkat; 2) untuk meningkatkan keterampilan penulisan laporan sederhana siswa kelas IV SD Kaliwining 04 setelah diterapkan model guided discovery. Subyek penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV SDN Kaliwining 04 Rambipuji tahun pelajaran 2020/ 2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral Hopkins dengan empat tahapan yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah, wawanca, observasi, tes, dan dokumentasi. Penerapan model pendekatan Guided Discovery yang dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan sederhana siswa kelas IV SDN Kaliwining 04 Rambipuji tahun pelajaran 2020/ 2021 dilaksanakan dalam 2 siklus, Yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus pertama, masih ditemukan beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran diantaranya yaitu: 1) beberapa siswa masih menggunakan kata tidak baku seperti pacul, capel, iwak, wit; dan 2) beberapa siswa kurang memperhatikan peggunaan ejaan yang tepat serta penggunaan huruf kapital yang benar. Oleh karena itu, guru melakukan perbaikan pada siklus II, yaitu memberikan contoh kata baku yang benar, dan memberikan penekanan untuk menggunakan ejaan kata, tanda baca serta huruf kapital yang benar. Perbaikan tersebut membuat siswa mampu menulis karangan sederhana dengan pemilihan kata yang baik dan penggunaan ejaan yang tepat. Peningkatan keterampilan menulis laporan sederhana siswa kelas IV SDN Kaliwining 04 Rambipuji setelah mendapatkan perlakuan model pendekatan Guided Discovery dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang meningkat dalam setiap siklusnya. Pada prasiklus sebesar 69, lalu terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 75, dan terjadi peningkatan lagi pada siklus II menjadi 81. Saran untuk guru, hendaknya dapat dijadikan model sebagai salah satu model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Bagi pihak sekolah, hasil penelitian ini hendaknya diinformasikan kepada guru-guru sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan atau hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain, hendaknya penelitian ini dijadikan sebagai referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya atau dijadikan acuan untuk melakukan penelitian yang sejenisen_US
dc.description.sponsorshipPembimbing I : Drs. Hari Satrijono, M. Pd. Pembimbing II : Zetti Finali, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERYen_US
dc.subjectKETERAMPILAN MENULIS LAPORANen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Sederhana pada Siswa Kelas IV SDN Kaliwining 04 Rambipujien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record