Prosedur Administrasi Pelayanan E-Banking pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Jember
Abstract
Peran perbankan dalam memajukan perekonimian suatu negara sangatlah besar.
Perbankan juga memiliki peranan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi suatu
negara. Bank merupakan lembaga keuangan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena
kegiatan dalam perbankan adalah menghimpun dana dari masyarakat, hal ini dikarnakan
Bank memiliki fungsi sabagai perantara antara pihak yang memiliki dana yang lebih dan
pihak yang membutuhkan dana. Kegiatan menghimpun dana tersebut dalam bentuk
simpanan atau rekening seperti halnya tabungan, deposito, rekening giro, dan dapat berupa
pinjaman untuk masyarakat.
Perkembangan teknologi informasi pada saat ini sangatlah bermanfaat dalam dunia
perbankan. Teknologi informasi dalam layanan perbankan yaitu adanya online banking.
Online Banking merupakan layanan yang disediakan oleh perbankan yang dapat digunakan
oleh nasabah baik dari rumah, tempat usaha atau berada di lokasi-lokasi lain selain di bank
(kantor perbankan), dengan menggunakan media komunikasi.
Layanan perbankan merupakan kebutuhan masyarakat untuk era digital ini. Dengan
adanya perkembangan teknologi sekarang transaksi perbankan dapat dipermudah dengan
adanya suatu produk yang mendukung berbagai macam kegiatan nasabah yaitu adanya
layanan E-Banking. Dikarnakan semua kegiatan dilakukansecara online salah satunya
adalah belaja online melalui aplikasi belanja yang ada, dengan adanya E-Banking dapat
memudahkan mayarakat untuk melakukan pembayaran. E-Banking atau dapat disebut juga
internet banking merupakan suatu aktivitas transaksi, pembayaran dan transaksi lain yang
menggunakan data internet yang dapat diakses dengan menggunakan website bank maupun
aplikasi yang telah disediakan oleh pihak perbankan. Salah satu bank yang menyediakan
fasilitas tersebut adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Layanan yang disediakan oleh BRI
adalah sebuah aplikasi yaitu BRImo, aplikasi tersebut dapat diakses melalui smartphone
yang didalamnya terdapat banyak fitur-fitur yang dapat mempermudah nasabah dalam
melakukan transaksi tanpa harus melakukannya secara langsung ke kantor bank.Dengan adanya fasilitas tersebut dapat mempermudah nasabah dalam melakukan
transaksi dimanapun dan kapanpun. Dengan adanya layanan ini pihak nasabah maupun
pihak perbankan akan sama-sama mendapatkan keuntungan, dimana nasabah akan dapat
dengan mudah melakukan transaksi serta akan mendapatkan informasi terkait perbankan
secara cepat, efektif, dan efisien. Sedangak untuk bank sendiri dapat memudahkan mereka
untuk mengurangi pekerjaan mereka dibagian teller dan customer service.
Pendaftaran E-Banking ada beberapa prosedur yang harus dilakukan. Oleh karena itu ,
untuk membantu memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaimana prosedur
yang harus dilakukan untuk pelayanan E-Banking tersebut maka Laporan Praktek Kerja
Nyata ini diberi Judul “Prosedur Administrasi Pelayanan E-Banking pada Bank Rakyat
Indonesia (PERSERO) Tbk Cabang Jember
Collections
- DP-Financial Accounting [181]