Analisis Kinerja Karyawan pada Kafe Dulur Dewe Jember
Abstract
Kafe Dulur Dewe Jember adalah salah satu kafe yang berada di Jalan Riau
untuk Kafe Dulur Dewe I, sedangkan Kafe Dulur Dewe II berada di Jalan Tidar,
Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember . Pada sekitar Lokasi Kafe Dulur
Dewe Jember terdapat banyak perguruan tinggi bersama dua kecamatan lainnya
yaitu Kaliwates dan Patrang, hal yang menjadi ketertarikan penulis untuk meneliti
Kafe Dulur Dewe, selain bertempat di lokasi yang strategis, usaha ini juga
memiliki jam operasional selama 24 jam. Lokasi strategis ini usaha Kopi Dulur
Dewe telah memiliki dua cabang dan telah berdiri sejak tahun 2016, untuk
melakukan penelitian pada Kafe Dulur Dewe mengenai kinerja karyawan
sehingga dapat menganalisis dan mendeskripsikan kinerja karyawan kafe Dulur
Dewe 1 dan 2 Jember
Penelitian ini membahas bagaimana Kinerja Karyawan pada Kafe Dulur
Dewe I dan II Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini
menggunakan informan pokok dan informan tambahan sehingga dapat
memberikan informasi tentang kinerja karyawan. Teknik wawancara yang
digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi struktur dimana
pelaksanaannya lebih bebas dan peneliti bisa menemukan masalah secara lebih
terbuka. Peneliti disini perlu mendengarkan secara teliti dan mencatat apa yang
dikemukakan oleh informan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan
metode teknik analisis domain dan teknik analisis taksonomi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menganalisa kinerja
karyawan, mengingat kafe Dulur Dewe tak lain adalah usaha bisnis yang
berorientasi profit sehingga juga memperhatikan aset Sumber Daya Manusia dalam hal ini adalah Karyawan. Jumlah karyawan di Kafe Dulur Dewe sebanyak 9
orang, dengan pembagian 4 orang di Kafe Dulur Dewe I, 5 orang di Kafe Dulur
Dewe II, masing-masing kafe terdapat satu orang karyawan yang juga bertugas
sebagai koordinator. Koordinator ini diberikan tugas untuk mengkomando
kegiatan usaha pada kafe dulur dewe I dan II, sehingga terdapat 2 orang
koordinator. Mengatur jadwal shift, melakukan rekapitulasi hasil penjualan harian
dan bulanan baik laba dan rugi, melakukan kontrol fasilitas sarana prasarana
sekaligus pembayaran rutin untuk kafe(WiFi, Listrik), sekaligus memberikan
laporan harian kepada owner atas kinerja karyawan yang bertugas adalah tugas
koordinator.
Untuk pembagian waktu kerja, terdapat 3 waktu kerja pada Kafe Dulur
Dewe I dan II, Masing-masing shift dilaksanakan selama 8 jam kerja, Waktu
pertama pada pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB, pada kafe Dulur Dewe I diisi oleh 1
orang karyawan, sedangkan 2 orang karyawan di Kafe Dulur Dewe II. Selanjutnya
pukul 16.00 WIB – 24.00 WIB, pada kafe Dulur Dewe I diisi oleh 2 orang
karyawan, sedangkan 2 orang karyawan di Kafe Dulur Dewe II. Terakhir waktu
kerja pukul 24.00 WIB – 08.00 WIB pada kafe Dulur Dewe I diisi oleh 1 orang
karyawan, sedangkan 1 orang karyawan di Kafe Dulur Dewe II.
Untuk kinerja karyawan secara keseluruhan, Owner dibantu oleh
Koodinator, menilai dengan karyawan melalui pelaksanaan SOP yang telah
dibuat. Berdasarkan hasil wawancara kepada jajaran Kafe Dulur Dewe mengenai
kualitas kinerja karyawan, dapat dikatakan bahwa sudah berkualitas, seperti yang
disebutkan bahwa baik Owner, Koordinator hingga karyawan merasa „santai‟,
nyaman dan patuh pada SOP yang dibuat oleh Owner. Hambatan yang
disampaikan baik dari Owner, Koordinator dan Karyawan, adalah mengenai jam
kerja, dikarenakan kafe dulur dewe buka selama 24 jam, maka yang perlu
ditekankan adalah karyawan perlu mengatur sendiri waktu istirahat mereka untuk
menjaga kondisi sehingga saat bekerja dalam kondisi yang baik dan mampu
melaksanakan tugas-tugas karyawan.