Pengembangan E-Book Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Jember pada Peserta Didik Kelas IV di SDN Jember Lor 03
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menjabarkan proses serta hasil pengembangan bahan ajar “E-book Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Jember”, pada peserta didik kelas IV SD. Jenis penelitian ini, adalah penelitian dan pengembangan mengacu pada model R & D oleh Borg and Gall yang terdiri atas 7 tahap, meliputi analisis kebutuhan, perencanaan serta desain produk, pelaksanaan pengembangan produk, validasi, revisi produk, uji coba produk, dan revisi serta penyebaran produk akhir. Hasil produk pengembangan e-book berbasis kearifan lokal Jember memenuhi 2 kriteria, yaitu valid dan efektif. Valid ditunjukkan dengan hasil validasi produk yang mencapai skor 93,75, skor tersebut didasarkan pada rerata penilaian 3 validator ahli. Efektif, dibuktikan dengan hasil persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal mencapai 96,42%, serta persentase respon peserta didik mencapai 100%. Berdasarkan hasil analisis data, maka e-book berbasis kearifan lokal Jember bisa dipakai sebagai bahan ajar di SD.