Analisis Pembelian Mahasiswa Pada E-Commerce (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Pengguna E-Commerce di Universitas Jember)
Abstract
Perkembangan zaman membuat internet semakin mudah digunakan pada segala aspek kegiatan manusia tidak terkecuali pada bidang komunikasi. Hal tersebut menyebabkan semuanya bisa dilakukan secara instan dan real-time meski berada pada jarak jauh sekalipun. Selain itu, perubahan zaman mengakibatkan terjadinya pergeseran pola konsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia. Salah satunya berdampak pada digitalisasi di bidang ekonomi yaitu banyak bermunculannya situs jual beli barang dan jasa online atau biasa disebut e-commerce. Mahasiswa merupakan salah satu kelompok konsumen yang menggunakan e-commerce dalam melakukan pembelian secara online untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginannya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pembelian mahasiswa pendidikan ekonomi pada e-commerce dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dan berfokus pada tiga barang yang paling sering dikonsumsi pada e-commerce yakni produk fashion, skincare/kosmetik, dan top-up/bill payment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelian mahasiswa pada e-commerce yang berfokus pada tiga barang yang paling sering dikonsumsi pada e-commerce yakni produk fashion, skincare/kosmetik, dan top-up/bill payment dipengaruhi oleh beberapa alasan yaitu : kepraktisan, harga yang murah, banyaknya pilihan, dan efektifitas penggunaaan e-commerce. Alasan-alasan tersebut mengakibatkan mahasiswa melakukan pembelian produk yang berbeda pada e-commerce.