Strategi Berbasis Segmenting Dan Targeting Pada PT Bank Syariah Indonesia Cabang Jember
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis strategi berbasis segmenting dan targeting pada PT BSI Cabang
Jember. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk memberikan gambaran terkait strategi segmenting dan targeting pada BSI Cabang
Jember dan menganalisis strategi pengembangan PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Jember berbasis segmenting dan
targeting. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuesioner dan wawancara. Metode kuesioner
menggunakan sampel secara non probabilitas yaitu convenience sampling dengan sampel sebanyak 232. Teknik analisis
data yang digunakan dalam metode ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Bank Syariah Indonesia Cabang Jember
dibagi menurut segmen pekerjaan nasabah, terdapat 5 segmen pekerjaan yakni ASN Kementrian, Karyawan BUMN,
Karyawan Rumah Sakit, Kedokteran dan Pengusaha. Strategi targeting BSI Cabang Jember memilih untuk melayani semua
segmen dengan memenuhi produk yang dibutuhkan oleh setiap segmen. Fokus BSI Cabang Jember adalah customer centric
yakni pendekatan pemasaran yang dirancang berdasarkan kebutuhan dan minat konsumen. Dalam melaksanakan strateginya
BSI Cabang Jember menggunakan 4 fokus strategi yakni Mapping Target Consumer, Mapping Product Champion,
Integrates Marketing Communication dan Tactical Program.