Show simple item record

dc.contributor.authorVALENTIN, Rizki Febrianti
dc.date.accessioned2022-07-15T07:38:34Z
dc.date.available2022-07-15T07:38:34Z
dc.date.issued2022-06-22
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108464
dc.description.abstractStrategi pembelajaran di abad 21 yang menekankan pada kemampuan berpikir kreatif siswa serta pembelajaran yang berpusat kepada siswa diperlukan penggunaan model pembelajaran yang dapat memberikan peran aktif siswa dalam berkreasi, dan membangun pengetahuannya sendiri melalui sebuah pengalaman nyata dan pengintegrasian budaya lokal daerah ke dalam materi menggunakan pendekatan etnosains. Model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran project-based learning berbasis etnosains. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “adakah pengaruh model project-based learning berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN Badean 1 Bondowoso”. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model project-based learning berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN Badean 1 Bondowoso. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Badean 1 Bondowoso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group. Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaiu siswa kelas VA yang terdiri dari 37 siswa dan kelas VB yang terdiri dari 38 siswa. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan uji homogenitas menggunakan data nilai PTS. Hasil uji homogenitas menunjukkan hasil yaitu 0,077 > 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua kelas homogen dan selanjutnya dilakukan penetapan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik undian, diperoleh hasil yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data nilai siswa terlihat bahwa terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil Uji - t diperoleh hasil thitung yaitu 8,209. Diketahui nilai ttabel yaitu 1,993 hasil dari Uji - t membuktikan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 8,209 ≥ 1,993. Sehingga Ha diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model projectbased learning berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V dan H0 ditolak yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh model project-based learning berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project-based learning berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN Badean 1 Bondowoso. Dilakukan perhitungan keefektifan relatif (ER) dan berdasarkan hasil tes yang diperoleh, dengan menerapkan model project-based learning berbasis etnosains 17% lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran small group discussion. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran yang digunakan di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dan dengan menerapkan model project-based learning berbasis etnosains memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V di SDN Badean 1 Bondowoso. Saran pada penelitian ini bagi guru yaitu hendaknya dapat mengelola kelas agar pembelajaran kondusif dan efektif selama pelaksanaan proyek, selain itu juga dapat memberikan apresiasi dari sebuah ide atau karya yang diciptakan atau dikembangkan oleh siswa. Etnosains dapat diintegrasikan ke dalam model pembelajaran dengan mengangkat kearifan lokal yang berbeda dengan daerah lainnya. Bagi peneliti lain diharapkan juga dapat menggunakan bahan ajar seperti media berbasis etnosains dalam menerapkan model pembelajaran agar nantinya siswa dapat lebih tertarik untuk belajar, kemampuan berpikir kreatif siswa dapat lebih meningkat, serta nantinya bisa mendalami dan menggali informasi mengenai budaya lokal daerahnya sendiri.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Agustiningsih, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing Anggota : Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROJECT-BASED LEARNING (PjBL)en_US
dc.subjectETNOSAINSen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFen_US
dc.titlePengaruh Model Project-Based Learning (PjBL) Berbasis Etnosains terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Badean 1 Bondowosoen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record