Pengembangan Media RUBAL (Rumah Balok) untuk Menstimulasi Kemampuan Matematika pada Anak Kelompok B di TK Tunas Bangsa I Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Penelitian pengembangan media RUBAL (Rumah Balok) ini dilakukan karena media yang digunakan untuk menstimulasi kemampuan matematika pada saat pembelajaran kurang optimal. Pendidik diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan efektif dengan menggunakan berbagai metode maupun media. Media pembelajaran digunakan untuk mempermudah pendidik untuk menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan dapat menstimulasi kemampuan matematika pada anak kelompok B yang teruji layak secara teoritis, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di TK Tunas Bangsa I Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (research and development) yang dikemukakan oleh Born and Gall. Tahap penelitian terdiri dari sepuluh langkah yaitu mengidentifikasi masalah, mengumpulkan data, mendesain produk, validasi desain produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Media RUBAL (Rumah Balok) dikategorikan valid berdasarkan penilaian dari validator ahli dan praktisi. Pembelajaran dikategorikan efektif, dilihat dari aktivitas anak yang menunjukkan nilai diatas rata-rata. Respon guru ketika proses kegiatan mengajar menggunakan media RUBAL (Rumah Balok) menunjukkan hasil yang positif. Pembelajaran dikategorikan praktis, dilihat dari aktivitas guru yang menunjukkan presentase di atas rata-rata dengan interpretasi baik.