Pengaruh Country of Origin, Citra Merek, dan Worldmindedness Terhadap Keputusan Pembelian Produk KFC di Kabupaten Jember
Abstract
Pertumbuhan   ekonomi   yang   sangat   pesat   sehingga   mengarah   pada persaingan  bisnis  yang  sangat  ketat  pula,  khususnya  pada  perusahaan  yang memiliki  produk  yang  sama.  Perusahaan  dituntut memiliki  keunggulan  tersendiri untuk  memikat  konsumen  sehingga  dapat  mempertahankan  pangsa  pasar  yang ada. Salah satu perusahaan yang sangat berkembang pesat adalah perusahaan yang berjenis makanan cepat saji. Oleh karena itu, pertumbuhan ekonomi menyebabkan adanya  perluasan  ekonomi  politik  dalam  pemasaran  produk  yang  berasal  dari berbagai negara yang berbeda. Banyaknya produk asal usul nasional yang beredar di  pasar  domestik  dan  internasional  menyebabkan  pentingnya  peran country  of origin(COO)   sebagai   identitas   dalam   atribut   produk.   Pada   era   globalisasi perusahaan domestik harus bisa bersaing dengan perusahaan internasional di pasar perdagangan  internasional.  Sebagian  besar  masyarakat  Indonesia  lebih  bangga menggunakan  dan  mengkonsumsi  produk  luar  negeri,  terbukti  mereka  lebih menyukai produk impor dari pada produk lokal. Hal ini menyebabkan pentingnya peran worldmindednesspada  produk.  Dalam  meningkatkan  daya  saing  global, perusahaan  berlomba-lomba  dalam  memperkenalkan  produknya  supaya  produk yang diproduksi dikenal dipasaran, hal ini menyebabkan peran citra merek sangat penting    untuk    memengaruhi    keputusan    pembelian    konsumen.    Konsumen memandang  sebuah  merek  sebagai  bagian  penting  dari  produk,  konsumen  dalam memperoleh   kepuasan   bereaksi   terhadap   atribut   produk   yang   digunakan diantaranya  yaitu:  rasa  dan  kemasan.  Bisnis  yang  sangat  berpengaruh  untuk perubahan  budaya  masyarakat  yang  serba  instan  salah  satunya  adalah  restoran siap  saji  atau fast  food.  Restoran  fast  food  KFC  merupakan  salah  satu restoran yang sudah tersebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia.Penelitian   ini   menggunakan   penelitian   kuantitatif.   Dalam   penelitian kuantitatif  analisis  data  menggunakan  statistik.  Statistik  yang  digunakan  dapat 
xberupa  statistik  deskriptif  dan  inferensial/induktif.  Populasi  dalam  penelitian  ini adalah  konsumen  produk  KFC  Jember  yang  jumlahnya  tidak  diketahui  secara pasti karena jumlahnya tidak terbatas. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling. Jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian   ini   adalah   sebanyak   104   responden.   Metode   analisis   data   yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Instrumen yang terdiri dari uji validitas dan  reliabilitas,  Analisis  Regresi  Linier  Sederhana,  dan  Uji  Asumsi  Klasik  yang terdiri dari Uji normalitas, dan heteroskedastisitas. Pengambilan keputusan dilihat melalui  Uji  Hipotesis  menggunakan  Uji  t  dan  Uji  Koefesien  Determinasi.  Hasil dari  pengujian  regresi  berganda  menunjukkan  bahwa country  of  origin,  citra merek,  dan worldmindednessberpengaruh  positif  signifikan  terhadap  keputusan pembelian produk KFC.
