Peran Enjoyment, Trust, dan Kualitas Fungsional Terhadap Keputusan Pembelian Item Virtual Game Online dengan Limited Edition Sebagai Variabel Moderasi
Abstract
Perkembangan internet memberikan kemudahan akses dalam melakukan 
aktivitas sosial, bisnis, dan hiburan. Salah satu jenis hiburan yang mengalami 
perkembangan adalah game online. Game online kini sudah menggunakan 
sistem microtransaction, yaitu sistem untuk memperjual belikan item dalam 
game. Penjualan item virtual sangat menarik bagi seorang gamers. Hal ini 
menimbulkan pertanyaan mengapa seorang gamers mau mengeluarkan uang 
untuk membeli item virtual yang merupakan barang non-fisik. Ada beberapa 
alasan pemain game online membeli item virtual, seperti kepercayaan gamers
terhadap situs game karena pengguna cenderung memilih produk yang sudah 
terpercaya, ingin karakternya lebih kompetitif dalam bersaing dengan pemain 
lainnya dengan membeli item yang memiliki kualitas fungsional yang baik, 
pemain game online membeli item virtual untuk menambah kesenangan dengan 
item yang dibelinya, selain itu untuk citra diri agar terlihat unik dan beda dari 
pemain game online lainnya dengan membeli item limited.
Penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh determinan dari 
enjoyment, trust, dan kualitas fungsional terhadap keputusan pembelian dengan 
limited edition untuk memoderasi hubungan antara enjoyment dan kualitas 
fungsional terhadap keputusan pembelian. Objek pada penelitian ini adalah 
pemjualan item virtual game online. Penelitian ini menggunakan sampel 
sebanyak 240 responden dari pemain game yang pernah membeli item virtual
dengan teknik pengumpulan purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini 
adalah data cross-section dengan sumber data primer dan sekunder. 
Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner online melalui google form.
Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square
(PLS).
Hasil pada penelitian ini adalah enjoyment berpengaruh signifikan terhadap 
keputusan pembelian, trust tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan 
pembelian, kualitas fungsional berpengaruh signifikan terhadap keputusan 
pembelian, limited edition memoderasi hubungan antara enjoyment terhadap 
keputusan pembelian. limited edition tidak memoderasi hubungan antara 
kualitas fungsional terhadap keputusan pembelian
