Peran Enjoyment, Trust, dan Kualitas Fungsional Terhadap Keputusan Pembelian Item Virtual Game Online dengan Limited Edition Sebagai Variabel Moderasi
Abstract
Perkembangan internet memberikan kemudahan akses dalam melakukan
aktivitas sosial, bisnis, dan hiburan. Salah satu jenis hiburan yang mengalami
perkembangan adalah game online. Game online kini sudah menggunakan
sistem microtransaction, yaitu sistem untuk memperjual belikan item dalam
game. Penjualan item virtual sangat menarik bagi seorang gamers. Hal ini
menimbulkan pertanyaan mengapa seorang gamers mau mengeluarkan uang
untuk membeli item virtual yang merupakan barang non-fisik. Ada beberapa
alasan pemain game online membeli item virtual, seperti kepercayaan gamers
terhadap situs game karena pengguna cenderung memilih produk yang sudah
terpercaya, ingin karakternya lebih kompetitif dalam bersaing dengan pemain
lainnya dengan membeli item yang memiliki kualitas fungsional yang baik,
pemain game online membeli item virtual untuk menambah kesenangan dengan
item yang dibelinya, selain itu untuk citra diri agar terlihat unik dan beda dari
pemain game online lainnya dengan membeli item limited.
Penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh determinan dari
enjoyment, trust, dan kualitas fungsional terhadap keputusan pembelian dengan
limited edition untuk memoderasi hubungan antara enjoyment dan kualitas
fungsional terhadap keputusan pembelian. Objek pada penelitian ini adalah
pemjualan item virtual game online. Penelitian ini menggunakan sampel
sebanyak 240 responden dari pemain game yang pernah membeli item virtual
dengan teknik pengumpulan purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini
adalah data cross-section dengan sumber data primer dan sekunder.
Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner online melalui google form.
Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square
(PLS).
Hasil pada penelitian ini adalah enjoyment berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian, trust tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian, kualitas fungsional berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian, limited edition memoderasi hubungan antara enjoyment terhadap
keputusan pembelian. limited edition tidak memoderasi hubungan antara
kualitas fungsional terhadap keputusan pembelian