• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Science,Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Berbasis Learning Community dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret Aritmatika

    Thumbnail
    View/Open
    Khusnul Insani, S.Pd. - 190220101022.pdf (2.056Mb)
    Date
    2021-02-06
    Author
    INSANI, Khusnul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Abad 21 merupakan abad yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, sehingga menuntut SDM sebuah negara untuk menguasai berbagai keterampilan termasuk keterampilan berfikir kritis. Untuk itu perlu menyiapkan siswa Indonesia untuk memiliki kemampuan berpikir kritis.. Karena itu tujuan dari berpikir kritis adalah agar dapat menjauhkan seseorang dari keputusan yang keliru dan tergesa-gesa sehingga tidak dapat dipertanggungjawabkan. Kemampuan berfikir kritis mendukung keberhasilan dalam studi maupun bekerja. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah STEM, dikenal sebagai pendekatan pembelajaran terapan yang menggunakan pendekatan antar-ilmu. Aplikasi STEM dibarengi dengan pembelajaran aktif dan berbasis pemecahan masalah sehingga siswa dididik untuk berpikir kritis, analitis, dan fokus kepada solusi. Pendekatan STEM dapat diimplementasikan dengan model Learning Community. Learning Community bertujuan meningkatkan prestasi belajar siswa dengan cara berbagi dengan teman yang berkemampuan, memecahkan masalah bersama, menanamkan tanggung jawab bersama, dan mengembangkan kehidupan siswa. Pendekatan STEM cocok untuk diterapkan di SMK. STEM menerapkan pembelajaran berbasis pemecahan masalah yang sengaja menempatkan penyeledikan ilmiah dan penerapan matematika dalam konteks merancang teknologi sebagai bentuk pemecahan masalah. Dalam penelitian ini digunakan materi barisan & deret aritmatika karena materi ini sesuai dengan pembelajaran STEM. Materi barisan & deret aritmatika diajarkan di Kelas X. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Dengan STEM berbasis Learning Community dapat mempengaruhi kemamampuan Berpikir Kritis ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah didasarkan pada model pengembangan perangkat pembelajaran Pengembangan dalam penelitian ini merupakan model 4- D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Tahap define adalah tahap untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran.Tahap perancangan bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran.Tahap pengembangan adalah tahap untuk menghasilkan produk pengembangan yang dilakukan melalui dua langkah, yakni: (1) penilaian ahli (expert appraisal) yang diikuti dengan revisi, (2) uji coba pengembangan (developmental testing). Tahap disseminasi merupakan suatu tahap akhir pengembangan produk. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Rata-rata keseluruhan nilai validari RPP, LKS, dan THB berturut-turutsebesar 4.,50, 4,4 dan 4,5. Kevalidan ditinjau dari ketiga validator yakni dua dosen dan satu guru matematika SMK Negeri 2 Bondowoso. Kepraktisan ditinjau dari aktivitas guru pembelajaran untuk mengetahui aktivitas guru didapat dari hasil pengamatan oleh observer, berdasarkan hasil pengamatan aktivitas guru diperoleh rata-rata sebesar 90% yang menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran berlangsung dengan baik, Sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswa selama lima pertemuan berada pada kriteria baik. Aspek efektivitas ditinjau dari hasil angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis respon siswa menunjukkan bahwa presentase respon siswa sebesar 84% hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif karena banyaknya siswa yang memberi respon positif≥ 80%
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108412
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository