Pergeseran Metode Pembayaran Berbasis QR Code untuk Meningkatkan Competitive Advantage (CA) pada Bank Jatim dengan Pendekatan Model TAM
Abstract
Setelah melalui beberapa tahap analisa, pemaparan data dan kesimpulan maka
didapat kesimpulan sebagai berikut :
1. Dengan bergesernya metode pembayaran yang semula menggunakan
pembayaran tunai ke pembayaran non tunai dengan Aplikasi QR code ini
ternyata dapat meningkatan Competitive Advantage dari perusahaan yang
menerapkan metode pembayaran ini. Hal ini dikarenakan metode ini
memberikan banyak kelebihan yang memudahkan pengguna dalam
menikmati aplikasi baru ini saat melakukan transaksi pembayaran sehingga
masyarakat akan lebih memilih produk baru yang memberikan banyak
kelebihan bagi pengguna dibandingkan dengan perusahaan lain yang tidak
menyediakan layanan jasa pembayaran berbasis QR Code.
2. Masih rendahnya pengguna sistem pembayaran non tunai berbasis Qr code
ini dikarenakan masyarakat belum sepenuhnya dapat menggunakan aplikasi
QR Code dikarenakan belum tersebarnya informasi dan sosialisasi untuk
cara penggunaanya serta manfaatnya dengan menggunakan sistem
pembayaran ini, Untuk itu, Bank Jatim Cabang Situbondo telah melakukan
beberapa strategi untuk mengenalkan QR Code kepada masyarakat/nasabah
dan merchant dengan melakukan evaluasi atas adanya transaksi pembayaran
sehingga dapat diketahui seberapa efektif sistem model pembayaran ini, dan
juga melakukan pemasaran secara online dengan mengenalkan QR Code
melalui media sosial (Instagram, Facebook, Line, Twitter) dan website
resmi milik Bank Jatim serta melakukan pengenalan produk secara langsung
kepada masyarakat dengan pemasangan baliho serta banner di beberapa
lokasi dan dinas-dinas terkait sehingga dapat mudah untuk tersampaikan
kepada masyarakat.
3. Berdasar analisis model TAM yang digunakan oleh peneliti dapat ditarik
kesimpulan bahwa aplikasi QR code yang tergolong baru dimasyarakat
khususnya daerah Situbondo direspon positif oleh sebagian masyarakat
Collections
- MT-Science of Economic [204]