Show simple item record

dc.contributor.authorDHARMAWAN, Dhany
dc.date.accessioned2022-07-14T01:30:32Z
dc.date.available2022-07-14T01:30:32Z
dc.date.issued2022-06-22
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108397
dc.description.abstractSalah satu pelajaran yang diharapkan memiliki nilai yang baik adalah pelajaran matematika salah satunya pada materi operasi hitung bilangan pecahan. Salah satu cara mencapai hasil belajar yang maksimal dan memberikan susana yang menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar guru perlu menggunakan model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan materi yang diajarkan. Penggunaan model pembelajaran mempertimbangkan dari segi materi yang harus dipahami secara kognitif tidak hanya pengunaan strategi ceramah dan penugasan, tetapi juga mempertimbangkan karateristik siswa yang sebagian besar kurang minat pada pembelajaran matematika, dapat memperbaiki hasil belajar peserta didik guna mencapai taraf ketuntasan belajar, serta kerjasama antara sesama peserta didik terwujud dengan dinamis dapat melalui penggunaan model pembelajaran kooperati tipe make a match . Guru kelas V di SDN 03 Gebang Jember masih belum pernah menggunakan model kooperatif tipe make a match dalam proses pembelajaran, maka dari itu peneliti mencoba untuk menerapkan model kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian yakni adakah pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaan kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar pokok bahasan pecahan siswa kelas V SDN 03 Gebang ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menelaah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar pokok bahasan pecahan siswa kelas V SDN 03 Gebang. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Gebang Jember dengan jenis penelitian quasi experimental dengn pola pretest-posttes control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA (24 siswa) dan kelas VB (19 siswa). Peneliti melaksanakan uji homogenitas terhadap kelas V di SDN Gebang 03 Jember, dengan dasaran menggunakan nilai pretest. Hasil uji homogenitas mendapat nilai signifikansi sebesar 0,129 sehingga dinyatakan homogen karena nilai yang dihasilkan lebih dari 0,05 yaitu 0,129 > 0,05. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik simple random sampling yang hasilnya kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis berupa beda nilai pretest dan posttest pada kedua kelas yakni, kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan analisi uji-t. Hasil perhitungan diperoleh hasil thitung sebesar 0,376, kemudian dikonsultasikan ttabel yang diketahu db = (24+19)-2 = 41 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh nilai ttabel = 0,2020. Hasil uji-t menunjukkan hasil yang signifikan dengan thitung ≥ ttaebl yaitu 0,376 ≥ 0,2020, maka hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaan kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar pokok bahasan pecahan siswa kelas V SDN 03 Gebang. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa pencapaian hasil siswa kelas eksperimen (VA) yang menerapkan model pembelajaram kooperatif tipe make a match lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol (VB) yang tidak menerapkan model pembelajaram kooperatif tipe make a match. Model pembelajaram kooperatif tipe make a match diharapakan mampu menjadi alternatif model pembelajaran yang inovatif bagi guru dan dapat dijadikan bahan rujukan bagi peneliti selanjutnya.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Dra. Titik Sugiarti, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIFen_US
dc.subjectTIPE MAKE A MATCHen_US
dc.subjectBILANGAN PECAHANen_US
dc.subjectBAHASAN OPERASI HITUNGen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Pecahan Kelas V SD Negeri 03 Gebangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record