• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) pada Pemelajaran IPA Materi Klaor dan Perpindahannya terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    doc Respository.pdf (3.522Mb)
    Date
    2022-04-14
    Author
    LESTARI, Elsa Mita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan proses sains siswa merupakan keterampilan yang harus ditekankan pada saat proses pembelajaran IPA, sehingga dengan menekankan keterampilan proses sains maka pada saat pembelajaran siswa akan menemukan berbagai prinip, fakta, konsep, teori-teori, serta siswa dapat menerapkan dan memiliki sikap ilmiah. Fakta di Lapangan menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru kurang memberikan ruang untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik. Rendahnya keterampilan proses sains siswa disebabkan karena pada saat pembelajaran siswa tidak berinisiatif dalam belajar, siswa hanya menunggu perintah dari guru, dan kurang variasi model pembelajaran yang di gunakan. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan model pembelajaran yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan STEM pada pembelajaran IPA materi kalor dan perpindahannya terhadap keterampilan proses sains siswa. Diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) diharapkan dapat berpengaruh signifikan terhadap keterapilan proses sains siswa. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian eksperimen quasi dengan jenis rancangan nonequivalent control group. Untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa diperoleh data dari tes yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu Pre-test dan Post-test. Setelah data dikumpulkan maka dapat membuat analisis data dengan bantuan software SPSS, yang pertama yatu dilakukan uji normalitas untuk mengetahui data terdistribusi normal atau tidak, kemudian dilakukan uji Independet Sample t-test untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan dalam penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) terhadap keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil analisis data Independent Sample t-test menunjukkan 0.00 hasil tersebut lebih kecil dari 0.05 sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) berpengaruh signifika terhadap keterampilan proses sains siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108395
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository