Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) pada Pemelajaran IPA Materi Klaor dan Perpindahannya terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa
Abstract
Keterampilan proses sains siswa merupakan keterampilan yang harus
ditekankan pada saat proses pembelajaran IPA, sehingga dengan menekankan
keterampilan proses sains maka pada saat pembelajaran siswa akan menemukan
berbagai prinip, fakta, konsep, teori-teori, serta siswa dapat menerapkan dan
memiliki sikap ilmiah. Fakta di Lapangan menunjukkan bahwa dalam proses
pembelajaran guru kurang memberikan ruang untuk melatih keterampilan proses
sains peserta didik. Rendahnya keterampilan proses sains siswa disebabkan karena
pada saat pembelajaran siswa tidak berinisiatif dalam belajar, siswa hanya
menunggu perintah dari guru, dan kurang variasi model pembelajaran yang di
gunakan. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan model pembelajaran yang
sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model pembelajaran
Discovery Learning dengan Pendekatan STEM pada pembelajaran IPA materi
kalor dan perpindahannya terhadap keterampilan proses sains siswa.
Diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan
Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) diharapkan dapat
berpengaruh signifikan terhadap keterapilan proses sains siswa.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen
dengan desain penelitian eksperimen quasi dengan jenis rancangan nonequivalent
control group. Untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa diperoleh data
dari tes yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu Pre-test dan Post-test. Setelah
data dikumpulkan maka dapat membuat analisis data dengan bantuan software
SPSS, yang pertama yatu dilakukan uji normalitas untuk mengetahui data
terdistribusi normal atau tidak, kemudian dilakukan uji Independet Sample t-test
untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan dalam penerapan model
pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan Science Technology
Engineering and Mathematic (STEM) terhadap keterampilan proses sains siswa.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil analisis data Independent
Sample t-test menunjukkan 0.00 hasil tersebut lebih kecil dari 0.05 sehingga dapat
dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan
pendekatan Science Technology Engineering and Mathematic (STEM)
berpengaruh signifika terhadap keterampilan proses sains siswa.