Pengaruh Reputasi Dan Sharia Compliance Terhadap Switching Behavior Dimediasi Kepercayaan Pada Bank Syariah Di Indonesia
Abstract
Perbankan syariah sedang mengalami tren kemajuan dibuktikan dengan adanya fenomena bank syariah di Indonesia mencapai peringkat 1 Islamic Finance Country Index (IFCI) pada 2020 dan pada tahun 2021 terdapat gebrakan penggabungan 3 bank syariah besar yaitu Bank Syariah Mandiri, Bank BRI Syariah, dan Bank Mandiri Syariah menjadi Bank Syariah Indonesia. Strategi pemasaran semakin bersaing kompetitif tersebut mampu mengikis pangsa pasar bank konvensional yang menandakan terjadinya switching behavior nasabah di Indonesia. Penelitian menggunakan Theory of planned behavior (TPB) untuk menganalisis faktor perubahan perilaku. Penelitian ini berujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh reputasi dan sharia compliance terhadap switching behavior dimediasi kepercayaan pada bank syariah di Indonesia. Objek pada penelitian ini adalah nasabah bank syariah dengan sampel sebanyak 170 responden menggunakan teknik pengumpulan purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dengan metode pengumpulan kuisioner online melalui google form. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil pada penelitian ini adalah reputasi berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, sharia compliance berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, reputasi tidak berpengaruh terhadap switching behavior, sharia compliance berpengaruh signifikan terhadap switching behavior, reputasi berpengaruh signifikan terhadap switching behavior dimediasi mediasi kepercayaan, dan sharia compliance berpengaruh signifikan terhadap switching behavior dimediasi kepercayaan.