Layanan Mobile Banking (m-Banking) Nasabah Bank Rakyat Indonesia pada Kantor Cabang Pembantu Jember
Abstract
Kualitas layanan di perbankan sangat penting mengingat dapat
mempengaruhi kepuasan dan loyalitas nasabah. Banyak strategi yang digunakan
pihak bank untuk kualitas layanan diantaranya dilihat dari dimensi kualitas
layanan Security/keamanan yang berhubungan dengan jaminan kerahasiaan data
nasabah, ketiadaan manipulasi data, keamanan menggunakan layanan m-Banking,
dimensi Speed/kecepatan layanan m-Banking yang berkaitan dengan jaringan
operator provider dan kualitas maintance jaringan, dimensi Accuracy/keakuratan
yang berhubungan dengan kesesuaian informasi yang di terima nasabah, kejelasan
informasi yang diterima, dimensi Trust/kepercayaan yang berhubungan dengan
kepercayaan nasabah menggunakan layanan, bank mendapatan loyalitas dari
nasabah atas produk m-Banking, serta dimensi Education/edukasi terkait proses
edukasi antar dua belah pihak karyawan serta nasabah terkait penjelasan informasi
mengenai produk layanan m-Banking. Tujuan penelitian ini untuk
menyempurnakan layanan m-Banking yang ditawarkan kepada nasabah sebagai
produk yang dapat diandalkan oleh para nasabah untuk keperluan transaksi.
Penelitian ini dilaksanakan kepada nasabah yang telah menjadi nasabah
inti di Bank Rakyat Indonesia KCP. Penentuan informan merupakan bagian dari
data penelitian yang diambil secara wawancara dengan teknik In-Depth Interview.
Pengambilan data wawancara dilakukan selama 2 bulan.
Secara langsung, kualitas layanan m-Banking BRI melalui dimensi
Scurity/keamanan,Speed/kecepatan, Accuracy/keakuratan, dan Trust/kepercayaan
dan Education/edukasi mempunyai peranan penting kepada loyalitas nasabah
dalam menggunakan produk layanan dari BRI. faktanya di lapangan keamanan
dan edukasi kepada nasabah merupakan prioritas penting dalam pengembangan
layanan m-Banking. nasabah memerlukan rasa aman saat menggunakan transaksi
m-Banking serta nasabah memerlukan edukasi dari BRI seperti mereka mengalami
kesulitan saat pengoprasian. Nasabah memerlukan informasi terkait layanan mBanking selama 24 jam. Transaksi juga membutuhkan pin dan password untuk
menjaga identitas nasabah saat melakukan transaksi. Jika sistem keamanan
terganggu nasabah dapat menghubungi call center BRI 14017. BRI melakukan
upaya untuk melindungi nasabah saat melakukan transaksi online. Strategi di
pusatkan pada keamanan dan edukasi. Keamanan dan edukasi dirasa cukup
penting karena gerbang membuat nasabah merasa aman dan mendapatkan reward
dari sistem edukasi. Element ini dapat mendorong elemen-elemen lain dalam
mencapai kebutuhan nasabah BRI KCP Jember