• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan E-Modul IPA Berbasis SETS (Science, Enviromental, Technology, and Society) pada Materi Zat Aditif dan Adiktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    doc repositori.pdf (6.862Mb)
    Date
    2022-04-05
    Author
    NISA’, Asifa Khoirun
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang memberikan pengalaman secara langsung kepada peserta didik, sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritisnya. Melalui keterampilan berpikir kritis, peserta didik dapat menemukan solusi alternatif terkait masalahnya. Keterampilan berpikir kritis siswa di jenjang SMP masih tergolong rendah. Penyebab rendahnya keterampilan berpikir kritis dikarenakan kurang adanya interaksi antara peserta didik dengan bahan ajar yang menyebabkan peserta didik menjadi cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Suatu upaya yang dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society). Proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dikarenakan peserta didik mengidentifikasi, menemukan, mengumpulkan, menyusun, menganalisis, mengevaluasi serta menyimpulkan informasi dengan caranya sendiri. E-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) juga membantu peserta didik dalam mempelajari materi yang bersifat abstrak seperti materi zat aditif dan adiktif dalam pembelajaran IPA SMP kelas VIII semester ganjil. Berdasarkan uraian diatas, untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP diperlukan pengembangan e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) pada pembelajaran IPA zat aditif dan adiktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari pengembangan e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) pada pembelajaran IPA zat aditif dan adiktif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model 4D yang tahapannya terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (desiminate). Hasil dari validitas e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) pada pembelajaran IPA zat aditif dan adiktif dengan menggunakan instrumen lembar validasi mencapai presentase rata-rata dari ketiga aspek sebesar 79% yang artinya kesesuaian antara produk yang dihasilkan dengan kriteria pembuatan e-modul sudah tepat dan benar. Hasil dari kepraktisan e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) pada pembelajaran IPA zat aditif dan adiktif dengan menggunakan instrumen lembar obervasi keterlaksanaan mencapai rata-rata 3,64 dengan kategori sangsat terlaksana dengan jelas. Artinya produk yang dikembangkan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran sesuai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Hasil dari efektivitas e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) pada pembelajaran IPA zat aditif dan adiktif dengan menggunakan N-gain pada pre-test dan post-test yaitu 0,81 dengan kategori tinggi, artinya setelah menggunakan produk yang dikembangkan, peserta didik mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis. Efektivitas produk yang dikembangkan juga ditentukan dari angket respon siswa yang terdiri dari ketertarikan, materi, dan bahasa mencapai 89% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan dari data hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis SETS (Science, Enginering, Technology, and Society) pada pembelajaran IPA zat aditif dan adiktif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP menunjukkan hasil dengan kategori yang valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian produk yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108346
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository