Show simple item record

dc.contributor.authorSASMITA, Indah
dc.date.accessioned2022-07-12T02:27:40Z
dc.date.available2022-07-12T02:27:40Z
dc.date.issued2022-06-15
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108337
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 12 Juli 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractPendidikan merupakan hal yang harus dilalui oleh masyarakat yang dimulai dari jenjang TK hingga SMA yang telah disusun dalam kurikulum 2013. Salah satu mata pelajaran yang selalu ada dari TK hingga SMA adalah matematika. Matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki pengaruh besar, akan tetapi dianggap sebagai pelajaran yang abstrak dan sulit untuk dipahami (Nuraini, 2018). Oleh karena itu, diperlukan inovasi yang kreatif dan menarik salah satunya dengan mengintegrasikan matematika dengan kearifan lokal yang ada pada masyarakat pada bahan ajar atau LKPD. Observasi dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2021 yang bertempat di SDN Kunir Kidul 01 Lumajang dengan hasil bahwa dalam penggunaan bahan ajar guru belum pernah mengintegrasikan kearifan lokal di dalamnya. Biasanya, guru hanya mengambil soal dari buku yang telah tersedia di sekolah tanpa menambahkan kreasi pada soal seperti tanpa adanya gambar dari soal. Guru dinilai hanya mengajarkan teori matematika secara umum kepada siswa dalam pembelajaran (Manggali, 2018). Hal ini membuat siswa hanya hafal terhadap teori dan kurang dalam penerapannya. Oleh karena itu, inovasi dalam pembelajaran diperlukan untuk membantu siswa dalam memahami pelajaran di kelas. Salah satunya adalah pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal yang berupa anyaman bambu di Lumajang khususnya pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model Borg & Gall. Masyud (2016) mengemukakan bahwa penelitian pengembangan adalah proses penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan, memvalidasi, serta menguji keefektifan produk nyata pendidikan yang berupa model, pendekatan, dan bahan ajar atau media pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan keefektifan proses dan produk pembelajaran serta meningkatkan daya inovatif guru dalam kegiatan mengajar. Penelitian pengembangan dinilai cocok untuk pemecah masalah dalam pendidikan. Bahan ajar yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kearifan lokal kerajinan anyaman bambu. Hasil pengembangan dari LKPD berbasis kearifan lokal kerajinan anyaman bambu pada validasi produk yang dilakukan oleh ketiga validator memperoleh presentase 83,6% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya, uji keefektifan produk yang dilakukan pada siswa kelas V SDN Kunir Kidul 01 Lumajang di mana kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VC sebagai kelas eksperimen pada uji T Sampel Independen memperoleh presentase t-hitung sebesar 5,325 yang selanjutnya dikonsultasikan dengan t-tabel dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df 44 sebesar 2,015 sehingga diketahui bahwa nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (5,325 > 2,015). Hasil uji keefektifan relatif yang diperoleh dari hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dalam ranah pencapaian kognitif siswa dengan menggunakan LKPD pengembangan menunjukkan hasil 35,86 (lebih efektif) dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan LKPD pengembangan yang menunjukkan rata-rata 20,86. Hasil uji respon siswa di kelas eksperimen yakni VC menunjukkan angket respon siswa mendapat respon positif dengan skor 86,086% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil pengembangan tersebut, produk LKPD berbasis kearifan lokal kerajinan anyaman bambu materi volume kubus dan balok sangat efektif serta valid untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran di kelas V SD.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN LKPDen_US
dc.subjectKEARIFAN LOKALen_US
dc.subjectKERAJINAN ANYAMAN BAMBUen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN MATEMATIKAen_US
dc.titlePengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kerajinan Anyaman Bambu untuk Pembelajaran Matematika Materi Volume Kubus dan Balok pada Siswa Kelas V di SDN Kunir Kidul 01 Lumajangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record