Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah terhadap Keputusan Pembelian untuk Produk El–Zatta Jember
Abstract
Pemasaran berarti segala sesuatu yang dapat di tawarkan oleh produsen untuk
dicari, diminta, diperhatikan, dibeli, digunakan atau bahkan dikonsumsi sebagai
pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan, sedangkan
pemasaran syariah adalah strategi bisnis yang harus memayungi seluruh aktivitas
dalam sebuah perusahaan, meliputi proses, menawarkan, menciptakan, pertukaran
nilai dari seorang produsen atau salah satu perusahaan dan perorangan yang sesuai
dengan ajaran islam. Strategi pemasaran syariah marketing mix ada 4P ( Product,
Price, Promotion, Place ).
Penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif. Populasi dari penelitian ini
adalah pembeli El-Zatta Jember dengan sampel sebanyak 129 teknik pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan
analisis linier berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa ke empat variable secara
parsial berpengaruh secara positif dan signifikan. Hasil uji F menunjukkan bahwa
product, price, promotion, place secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian