Membangun Kinerja Pemasaran Berbasis Nilai Hubungan Jangka Panjang dan Inclusive Value Chain dengan Mediasi Sinergitas Kerjasama dan Keunggulan Posisional Bersaing Koperasi Susu di Jawa Timur
Abstract
Studi ini mengkaji pengaruh langsung dan tidak langsung hubungan nilai jangka
panjang, rantai nilai inklusif, sinergi kerjasama dan posisi unggul terhadap kinerja
pemasaran koperasi susu di Jawa Timur, Indonesia. Penelitian dilakukan pada
anggota koperasi susu di Kabupaten Pasuruan dan Malang di Jawa Timur,
Indonesia. Jumlah responden yang memenuhi syarat dalam penelitian ini sebanyak
170 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan
analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square - Structural
Equation Model (PLS-SEM). Hasil penelitian: terdapat pengaruh langsung yang
signifikan dan positif hubungan nilai jangka panjang, rantai nilai inklusif, sinergi
kerjasama, dan posisi unggul terhadap kinerja pemasaran koperasi susu; Terdapat
efek mediasi dari sinergi kerjasama dan keunggulan posisi antara hubungan nilai
jangka panjang, rantai nilai inklusif terhadap kinerja pemasaran pada Koperasi Susu
di Jawa Timur, Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan
masukan kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk mengatur koperasi susu,
serta bagi para penggiat dan pelaku koperasi susu di Indonesia khususnya di Jawa
Timur.
Peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah variabel gaya kepemimpinan
transformasional kooperatif. Variabel manajemen perubahan di era 4.0 juga
disarankan untuk meningkatkan jumlah objek penelitian koperasi susu di seluruh
Jawa Timur. Kajian aspek kelembagaan dan regulasi, kebijakan, prosedur dan
dukungan pemerintah
Collections
- Dissertasi S3 [78]